Advertisement

Selain Beach Club Raffi Ahmad Ada Investasi Besar Wisata Pantai Gunungkidul, Ini Daftarnya

Andreas Yuda Pramono
Senin, 18 Desember 2023 - 18:07 WIB
Maya Herawati
Selain Beach Club Raffi Ahmad Ada Investasi Besar Wisata Pantai Gunungkidul, Ini Daftarnya Jungwok Blue Ocean, beach club pertama di Kabupaten Gunungkidul. / Instagram jungwokblueocean

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gunungkidul mencatat ada sejumlah investasi besar yang ada di Gunungkidul terkait dengan wisata pantai, selain rencana pembangunan Beach Club milik Raffi Ahmad.

Sabtu (16/12/2023) lalu selebritas Raffi Ahmad mengumumkan bakal berinvestasi untuk pengembangan wisata pantai berupa Beach Club di Gunungkidul, tepatnya di Pantai Krakal, Kapanewon Tanjungsari.

Advertisement

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) Kabupaten Gunungkidul menyampaikan bahwa pembangunan Beach Club milik Selebritas, Raffi Ahmad akan dibangun di atas lahan karst seluas lebih dari 10 hektare. Dipastikan tanah itu bukan tanah kas desa dengan status Sultanaat Grond atau Sultan Grond.  

Namun selain Raffi Ahmad, menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gunungkidul, Agung Danarta ada sejumlah investor besar yang telah menanamkan modal mereka untuk pengembangan wisata pantai di Gunungkidul.

BACA JUGA: Diduga Diretas, Akun Instagram Grab Yogyakarta Digunakan untuk Tebus Murah Iphone

Sejauh ini, Agung menegaskan banyak investasi dilakukan di wilayah selatan atau kawasan pantai. Beberapa yang tergolong investasi besar yaitu Jungwok Blue Ocean, Stone Valley managed by HeHa, Obelix Sea View, dan Queen Of The South Beach Resort.

Potensi SDM dan SDA

Terkait dengan nilai investasi, sepanjang tahun 2023, realisasi investasi di Kabupaten Gunungkidul mencapai Rp451,4 miliar dari target Rp447 miliar. “Investasi lebih banyak di sektor pariwisata, utamanya di pantai. Tapi kami pelan-pelan mengkaji potensi investasi di wilayah utara,” ucapnya.

Ia menjelaskan wilayah utara akan diperuntukkan untuk sektor industri yang akan menjadi penyangga sektor pariwisata di selatan.

Menurut Agung, Pemkab Gunungkidul berkomitmen memberikan kemudahan investasi sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

Menurut dia, setelah investor diberikan kemudahan investasi, mereka juga harus ikut mengembangkan potensi lingkungan sekitar. Pengembangan potensi termasuk kualitas sumber data manusia (SDM).

Salah satu hal yang diusulkan adalah penyediaan pasokan bahan makanan dan minuman ke setiap investor pengembangan wisata di Gunungkidul. Selain menjadi pekerja, hasil pertanian sekitar dapat memiliki pasar tetap. "Kami minta juga investor untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan potensi yang ada di Gunungkidul, SDM dan SDA [Sumber Daya Alam]," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Muhadjir Sebut Jokowi Perintahkan Para Menteri untuk Bangun Rest Area Lebih Banyak

News
| Senin, 06 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement