Advertisement

Dorong Kunjungan Turis Asing, Dispar Gunungkidul Siapkan Langkah Strategis

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 19 Desember 2023 - 20:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dorong Kunjungan Turis Asing, Dispar Gunungkidul Siapkan Langkah Strategis Suasana rapat koordinasi Geopark Nasional di dalam Gua Rancang Kencono, di Bleberan, Kecamatan Playen, Jumat (16/11/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul telah menyiapkan langkah strategis untuk mendorong kunjungan wisatawan mancanegara. Salah satunya melalui program United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

Kepala Bidang Pemasaran dan Kerja Sama Pariwisata Dispar Gunungkidul, Emy Nur Aini mengatakan langkah yang dimaksud diwujudkan dalam beberapa konsep seperti kerja sama geopark.

Advertisement

“Ada beberapa konsep untuk menarik wisatawan mancanegara seperti kerja sama geopark. Gunungkidul kan bagian dari Gunungsewu UNESCO Global Geopark yang kembali mendapat green card revalidasi kedua,” kata Emy dihubungi, Selasa (19/12/2023).

Emy menerangkan UNESCO Global Geopark merupakan jejaring internasional untuk taman Bumi. Kata dia, gunung sewu baru saja bekerja sama dengan Geopark Langkawi Malaysia. Hanya dia belum dapat memberi tahu detail bentuk kerja sama.

“Kami juga menjalin kerja sama dengan Office of International Affair UGM. Lalu ada Familiy Trip ke Gunungkidul pada beberapa event international seperti G20 dan Asean Tourism Forum,” katanya.

Selain itu masih ada fasilitasi field trip media asing yang disponsori UNWTO di Desa Wisata Nglanggeran  12-15 Desember 2023. Nglanggeran, katanya menjadi satu-satunya Desa Wisata di Wilayah Asia Pasifik yang disasar oleh program UNWTO.

Baca Juga:

Selain Beach Club Raffi Ahmad Ada Investasi Besar Wisata Pantai Gunungkidul, Ini Daftarnya

Pemkab Gunungkidul Prediksi Ada 180 Ribu Wisatawan

Jelang Liburan Akhir Tahun, Pantai di Gunungkidul Mulai Ramai Diserbu Wisatawan

Sebelumnya, Ketua PHRI Gunungkidul, Sunyata mengatakan wisatawan mancanegara sering mengunjungi Kabupaten Gunungkidul setiap tahunnya. Paling banyak, kata dia adalah wisatawan asal Singapura dan Malaysia.

“Wisatawan asal Singapura dan Malaysia itu lebih suka pergi ke Goa Pindul dan Pantai Timang,” kata Sunyata dihubungi, Selasa (19/12/2023).

Sementara wisatawan asal Australia, Eropa Timur, dan Amerika lebih suka ke Goa Jomblang dan Goa Pindul. Dia mengaku tidak mudah menarik minat wisatawan mancanegara untuk mengunjungi Gunungkidul.

“Soalnya branding parwisata mancanegara kan di Bali. Tapi dengan banyaknya investor yang masuk dan membangun destinasi-destinasi wisata maka wisatwan mancanegara banyak datang ke sini,” katanya.

Lebih jauh, Sunyata menerangakan selain terkait alam, perlu ada pertunjukan budaya khas Gunungkidul yang menarik agar dapat menyedot wisatawan mancanegara. Dia memberi contoh sendratari ramayana di Candi Prambanan.

Terkait dengan okupansi hotel ketika libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Sunyata memprediksi angka okupansi tidak akan jauh dari 70% - 80%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Sebut Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Penuhi Panggilan Penyidik Harri Ini

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement