Advertisement

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM Soroti Kesempatan Perempuan Dalam Mengakses Jenjang Pendidikan

Catur Dwi Janati
Rabu, 20 Desember 2023 - 22:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM Soroti Kesempatan Perempuan Dalam Mengakses Jenjang Pendidikan Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Wening Udasmoro meraih Anugerah Gender Champion oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. 
Gender Champion sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada seseorang baik itu pribadi atau pejabat, aktivis atau tokoh masyarakat yang peduli akan perkembangan dan kemajuan pengarusutamaan gender. Tokoh-tokoh tadi juga mendorong atau memberikan kontribusi untuk pencapaian kesetaraan gender di DIY.
"Ada beberapa bidang. Untuk saya anugerah ini diberikan di bidang pendidikan," kata Wening pada Rabu (20/12/2023).
Wening dinilai berkomitmen dalam mendorong upaya pengarusutamaan gender di UGM. Termasuk berkontribusi memosisikan UGM sebagai kampus inklusi. 
Dirinya juga dilihat berkontribusi dalam upaya meminimalisasi  kesenjangan dalam dunia pendidikan. Kiprahnya dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual dan kekerasan lain menjadi poin penting dari pemberian anugerah ini 
"Saat itu sebelum terbitnya Permendikbudristek kita sudah ada Peraturan Rektor No.1/2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual oleh Masyarakat UGM," ujarnya.
Dari pandangan Wening, di dunia pendidikan masih ada pola yang sama di berbagai belahan dunia. Jumlah mahasiswa S1 memang sudah cukup seimbang antara laki-laki dan perempuan. Demikian pula di bidang sains, perempuan juga sudah memiliki kesempatan sama. Sayangnya, semakin ke jenjang lebih atas yaitu S2 atau S3 kesempatan bagi perempuan semakin mengecil atau sedikit.
"Maka kesempatan lebih luas kepada perempuan terutama dari berbagai kelompok rentan perlu dibukakan aksesnya secara lebih luas dalam bidang pendidikan," tegasnya. (Catur Dwi Janati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Indosat Buka Peluang Kolaborasi dengan Semua Pihak, Termasuk Starlink Indonesia

News
| Rabu, 22 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement