Advertisement

Pembangunan JPO di Stasiun Wates Dianggarkan Rp3 Miliar, Dirancang Jadi Ikon Kulonprogo

Triyo Handoko
Rabu, 20 Desember 2023 - 15:47 WIB
Ujang Hasanudin
Pembangunan JPO di Stasiun Wates Dianggarkan Rp3 Miliar, Dirancang Jadi Ikon Kulonprogo Suasana Teteg Kulon yang jadi satu-satunya akses menuju sisi utara dan selatan Stasiun Wates, Senin (18/12/2023). - Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pembangunan jembatan penyeberangan orang atau JPO sudah dianggarkan Pemkab Kulonprogo. Anggaran untuk pembangunan JPO tersebut sebesar Rp3 miliar.

Penganggaran dan pembangunan JPO itu dilakukan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Penataan Kawasan (DPUPKP) Kulonprogo. Dimana perencanan dan desainnya dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo.

Advertisement

Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan DPUPKP Wuriandreza Gigih Muktitama menyebut pihaknya sudah menganggarkan pembangunan JPO di timur Stasiun Wates itu sebesar Rp3 miliar. “Sudah kami anggarkan dan disepakati bersama besarnya Rp3 miliar,” ujarnya.

Pembangunan JPO di timur Stasiun Wates itu, jelas Gigih, dilakukan DPUPKP dengan design yang sudah dibuat Dishub Kulonprogo. “Kami yang hanya membangun sesuai arahan dan design dari Dishub, nanti akan kami koordinasikan lagi karena terakhir menunggu izin Direktorat Jenderal Perkeretaapian,” ungkapnya.

Sementara itu tenaga ahli kebijakan Bidang Lalu Lintas Dishub Kulonprogo, Tukiran menyebut design yang sudah dibuatnya akan menjadikan JPO tersebut sebagai salah satu ikon Kulonprogo. “Designya sudah selesai kami bangun, dalam pembuatannya menag dilakukan agar JPO ini nanti jadi salah satu ikon,” katanya.

BACA JUGA: Tahun Depan, Jembatan Penyeberangan Orang Dibangun di Stasiun Wates

JPO yang juga dijadikan ikon itu, menurut Tukiran, akan menggunakan ornamen geblek renteng yang sudah jadi kekhasan Kulonprogo. “Yang pasti ada geblek renteng ornamennya, ada tulisan Kulonprogo dengan penulisan yang khas, nanti akan ditambahi yang lain juga agar lebih terlihat sebagai ikon,” terangnya.

Selain itu juga akan dipasang videotron sebagai sarana media informasi dan sosilisasi ke masyarakat luas di JPO tersebut. “Rencananya juga ada videotron karena itukan titiknya cukup strategis juga dekat Alun-alun Wates, harapannya bisa meningkatkan informasi, sosilisasi, dan layanan ke masyarakat,” jelasnya.

Secara fisik JPO tersebut, lanjut Tukiran, rencananya memiliki panjang 40 meter dengan tinggi enam meter. “Selain itu semuanya tangga dimana kemiringannya tidak sampai 19 derajat dengan panjang tangga sekitar 15 meter,” rincinya.

Mengenai akses untuk kalangan difabel, menurut Tukiran, belum disediakan akses khusus. “Untuk itu belum direncanakan masih sepenuhnya tangga nanti. Terkait penernagan dijamin seluruhnya ada penerangan yang memadai,” tandasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bobby Gabung Gerindra, Jokowi: Dia Sudah Dewasa dan Mandiri

News
| Selasa, 21 Mei 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement