Advertisement

Ini Langkah Ditlantas Polda DIY Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas di Masa Nataru

Yosef Leon
Kamis, 21 Desember 2023 - 14:07 WIB
Ujang Hasanudin
Ini Langkah Ditlantas Polda DIY Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas di Masa Nataru Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal memberikan keterangan kepada wartawan soal persiapan menghadapi masa Nataru. - Harian Jogja / Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ditlantas Polda DIY menyatakan seluruh destinasi wisata di Kota Jogja wajib diantisipasi pada masa libur akhir tahun Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang. Diprediksi 4,46 juta wisatawan bakal berwisata ke DIY berdasarkan informasi dari Kementerian Perhubungan. 

Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal mengatakan, lima kabupaten kota yang ada di DIY yang dapat dikunjungi wisatawan selama masa libur Nataru akan berakhir di kawasan Tugu, Maliloboro dan Keraton pada pergantian tahun. Wisatawan akan berpusat di titik tersebut untuk merayakan pergantian tahun. 

Advertisement

"Saat ini, kami sudah menggunakan aplikasi smart city untuk melihat di beberapa titik pintu masuk wilayah DIY mulai dari Prambanan, Temon, Tempel, Piyungan maupun Rongkop, bisa melihat jumlah kendaraan yang masuk," katanya, Kamis (21/12/2023). 

Menurutnya, kepolisian sudah menyiapkan 18 pospam, 20 pos terpadu dan 1 pos pelayanan di YIA. Untuk pengamanan di Tugu, Malioboro dan Keraton pihaknya menyiapkan beberapa skema. Di Tugu disiapkan dua zona untuk memudahkan pengamanan. Berkaca pada tahun lalu di mana kendaraan dan masyarakat bercampur sehingga membuat kondisi lalu lintas semakin semrawut.

"Maka dari itu kita akan buat car free night baik di Tugu maupun Titik Nol pada 31 Desember nanti ada pengalihan arus dari pukul 18.00-01.00 WIB. Ada skema di mana untuk pengamanan di Tugu sebanyak 62 personil dengan 1 tim urai," jelasnya. 

BACA JUGA: DIY Jadi Salah Satu Pusat Mobilitas saat Libur Nataru, Korlantas: Waspadai Jalur Cinomati!

Sementara untuk kantong parkir di seputaran Tugu pun juga sudah disiapkan. Pihaknya bekerja sama dengan Pemda DIY dan Pemkot Jogja sudah mengkondisikan kantong parkir bagi wisatawan yang nantinya berkunjung ke tempat itu.

"Kita sediakan di McD Jalan Sudirman, PLN, Klenteng, PDAM Jetis, SMP dan SMK Jetis. Kebetulan yang SMP dan SMK sudah berkoordinasi dengan Disdikpora dan diberikan izin," katanya. 

Alfian menambahkan, selain pengamanan lalu lintas pospam yang tersedia di sejumlah titik juga memberikan pelayanan kesehatan kepada pengunjung. "Apabila ada emergency seperti pengunjung hamil dan akan melahirkan sudah siap berkoordinasi dengan RS terdekat ke RS PKU Muhammadiyah," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement