Advertisement

Libur Akhir Tahun, Polresta Sleman Buka Layanan Penitipan Barang Gratis

David Kurniawan
Kamis, 21 Desember 2023 - 15:07 WIB
Maya Herawati
Libur Akhir Tahun, Polresta Sleman Buka Layanan Penitipan Barang Gratis Polresta Sleman - ist - Google Maps

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Polresta Sleman selama libur akhir tahun membuka layanan penitipan barang gratis. Masyarakat yang membutuhkan bisa datang ke polresta maupun polsek terdekat.

Kapolresta Sleman Kombes Yuswanto Ardi mengatakan, persiapan libur akhir tahun terus dilakukan. Untuk pengamanan sudah menyiagakan sebanyak 1.071 personel pada saat liburan berlangsung.

Advertisement

Dia menjelaskan, fokus tidak hanya pada keamanan ketertiban Masyarakat. Pasalnya, juga berupaya meningkatkan kualitas layanan di masyarakat.

Salah satunya dengan membuka layanan penitipan gratis bagi Masyarakat. Tempat layanan terbuka di polresta maupun polsek se-Sleman. “Ini bisa dimanfaatkan warga yang ingin bepergian sehingga tidak diliputi rasa kekhawatiran,” kata Ardi kepada wartawan, Kamis (21/12/2023).

Dia menjelaskan, bagi yang menitipkan barang-barang bisa datang ke polsek maupun polres. Nantinya, lanjut Ardi, akan dibuat berita acara sebagai bukti untuk pengambilan barang yang telah dititipkan. “Layanan ini diberikan gratis, tanpa dipungut biaya sepeser pun,” katanya.

Ardi menambahkan, layanan ini dilakukan sebagai bentuk memberikan rasa aman dan nyaman ke Masyarakat. “Ini juga menjadi dari upaya mencegah potensi gangguan kamtibmas,” katanya.

Disinggung mengenai adanya tren peningkatan kejahatan jalanan saat malam pergantian tahun, Ardi menegaskan akan berupaya meminimalkan hal tersebut. Selain itu, ia juga memastikan akan menindak secara tegas setiap kejahatan yang terjadi di muka umum. “Zero toleransi untuk kasus kekerasan yang dipertontonkan di muka umum dan pasti akan kami tindak dengan tegas,” katanya.

Untuk pencegahan, juga dilakukan langkah-langkah lainnya. Sebagai contoh, koordinasi dengan pemerinta daerah guna memastikan fasilitas CCTV dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, juga membuka layanan pengaduan melalui hotline 110. “Masyarakat juga bisa berpartisipasi untuk pengamanan di lingkungan masing-masing,” katanya.

BACA JUGA: APK Caleg Gerindra Bergambar Prabowo-Gibran di Kota Jogja Dirusak

Wakasatlantas Polresta Sleman, AKP Arfita Dewi mengatakan upaya persiapan libur akhir tahun sudah memetakan jalur rawan kecelakaan. Hasil kajian yang dilakukan mengacu pada peristiwa kecelakaan di sepanjang 2023 ada beberapa jalur yang masuk kategori rawan.

Jalur rawan kecelakaan ini meliputi Jalan Siliwangi mulai dari Tikungan Ngawen hingga Perempatan Pelemgurih. Selanjutnya ada ruas Jalan Siliwangi di wilayah Depok Timur, tepatnya di seputaran Jogja International Hospital (JIH) sampai simpang tiga Maguwo.

Titik rawan lainnya berada di Jalan Solo tepatnya di wilayah Kalasan sampai Penggal Jalan Sambisari. Adapun titik terakhir kerawanan berada di Jalan Magelang mulai dari Simpang Tiga Pringsewu hingga seputaran Kantor TVRI.

“Di titik-titik ini sering terjadi kecelakaan dan intensitasnya lebih tinggi ketimbang ruas jalan lainnya,” kata Arfita.

Selain memetakan jalur rawan  kecelakaan, juga ada titik yang berpotensi terjadinya penumpukan arus kendaraan. Hasil pemetaan yang dilakukan, titik rawan ini meliputi Simpang Empat Tempel, Monjali dan Prambanan. “Sudah kami antisipasi dengan penyiapan rekayasa arus lalu lintas hingga pemanfaatan jalur alternatif. Selain itu, juga ada tim pengurai di titik rawan,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Kasus DBD di Gunungkidul Mulai Menurun

Kasus DBD di Gunungkidul Mulai Menurun

Jogjapolitan | 19 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terdampak Erupsi Gunung Raung, Bandara Samratulangi Mulai Beroperasi Normal

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement