Advertisement

Jalur Fungsional Tol Jogja Solo Dibuka Hari Ini, Pertamina Siapkan Mobil Siaga Layanan BBM

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 22 Desember 2023 - 08:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Jalur Fungsional Tol Jogja Solo Dibuka Hari Ini, Pertamina Siapkan Mobil Siaga Layanan BBM Sejumlah pekerja melakukan persiapan pada jalur fungsional Tol Solo-Jogja di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023). Jalur fungsional Tol Solo-Jogja dibuka pada Jumat (22/12/2023) pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk kendaraan golongan I saat arus mudik Natal 2023. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho - nz.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah menyiagakan layanan BBM mobile selama libur Natal Tahun Baru (Nataru) 2023, di Jalan Tol Fungsional Solo-Jogja. Ini dilakukan karena di jalan tol tersebut belum tersedia Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Executive General Manager (EGM) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti mengatakan, Tol Fungsional Solo-Jogja akan dibuka selama masa Nataru. Koordinasi layanan kebutuhan BBM di jalan tol tersebut dilakukan dengan PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) karena di sepanjang jalan tol yang dibuka belum ada SPBU.

Advertisement

"Jalan tol fungsional Solo-Jogja ini bakal dibuka sepanjang 13 kilometer dan kami sudah berkoordinasi dengan pengelola, PT JMJ terkait layanan BBM," ujar Aji Anom, Jumat (22/12/2023).

BACA JUGA: Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja Solo Mulai Dibuka, Simak Ketentuannya

Rencananya, kata Aji Anom, Pertamina akan menyiagakan mobil khusus yang membawa BBM kemasan. Mobil tersebut disiagakan dari pintu masuk tol hingga exit tol. "Mobil siaga itu mobil pickup yang dibranding untuk membawa BBM kemasan yang dibutuhkan pengguna saat melewati jalur fungsional jalan tol itu," kata Aji Anom.

Untuk diketahui, Jalan Tol Fungsional Solo-Jogja sepanjang 13 kilometer akan dibuka selama libur Nataru. Jalan tol akan dibuka dari Gerbang Tol Colomadu dan Exit Tol jalan Arteri Semarang- Solo ke arah Karanganom.bKemudian, saat arus balik Natal dan Tahun Baru, jalan ini dibuka dari arah Jogja dengan akses masuk dari Karanganom ke arah Colomadu.

“Menyambut masa Natal dan Tahun Baru, kami pastikan stok BBM dan LPG dalam kondisi sangat aman. Proses distribusi juga terus kami pantau melalui Pertamina Integrated Command Centre (PICC) dan dashboard digitalisasi SPBU,” ungkap Aji Anom.

Direktur Utama PT JMJ Suchandra P Hutabarat mengatakan pihaknya telah menyiagakan sarana parasarana dan fasilitas pendukung untuk menunjang operasional jalur fungsional Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Kulonprogo di antaranya yaitu menyediakan Pos Layanan Informasi Siaga di STA 13+000 & beberapa posko petugas yang disiagakan di beberapa titik rawan kepadatan.

BACA JUGA: Berikut Jadwal Debat Cawapres dan Link Live Streamingnya

Apabila pengguna jalan mengalami keadaan darurat PT JMJ menyediakan MCS (Mobile Customer Service), ambulance, BBM mobile, toilet portable serta layanan derek gratis hingga exit tol terdekat.

"Selain itu PT JMJ juga telah menyiapkan rambu-rambu petunjuk dan peringatan seperti batas kecepatan, rambu penunjuk arah, dan Traffic Light atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APPIL) yang berada di jalan nasional depan akses Banyudono dan di Jalan nasional Solo –Jogja depan akses Karanganom,” tutup Suchandra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Turunkan Angka Kemiskinan Hingga 0 Persen, Ini Solusi yang Ditawarkan BPJamsostek

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Unik, Glamping Kapal Selam Ini Ternyata Bekas Sekoci Kapal Tanker

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement