Advertisement

Hasil Tes Kesehatan, Beberapa Driver Di Terminal Giwangan Dinyatakan Tidak Layak Jalan

Lugas Subarkah
Jum'at, 22 Desember 2023 - 21:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Hasil Tes Kesehatan, Beberapa Driver Di Terminal Giwangan Dinyatakan Tidak Layak Jalan Petugas melakukan ramp check pada bus yang datang dan berangkat di Terminal Tipe A Giwangan, Kamis (21/12/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Direktorat Jendral Perhubungan Darat menggelar ramp check dan tes kesehatan di Terminal Giawangan. Hasil tes kesehatan, beberapa driver dinyatakan tidak layak jalan.

Kepala Terminal Tipe A Giwangan, Sigit Saryanto, menjelaskan kegiatan ini digelar setiap hari dan diintensifkan menjelang libur natal dan tahun baru (nataru). Pada Kamis (21/12/2023) sebanyak 50 driver dan kru bus diambil sampel urin dan tekanan darahnya.

Advertisement

Dari hasil tes tersebut, sebanyak dua driver dinyatakan tidak layak jalan karena faktor kesehatan. “Tidak layak karena hipertensi. Ada lagi juga yang positif amphetamin karena baru selesai opname, minum obat rutin dari dokter,” ujarnya, Jumat (22/12/2023).

Baca Juga:

PEMERIKSAAN KESEHATAN SOPIR : Tekanan Darah Sopir Bus Cenderung Tinggi

Masih Ada Bus Tak Layak Jalan, Ramp Check Diperketat di Terminal Giwangan Jelang Libur Nataru

Sopir Bus Diimbau Istirahat Setiap 4 Jam

Untuk driver yang dinyatakan tidak layak jalan tersebut, tidak diperbolehkan mengemudikan bus demi keselamatan para penumpang dan pengguna jalan lainnya. “Untuk yang tidak layak jalan dilarang mengemudi dan diganti driver lainnya,” kata dia.

Di samping tidak layak jalan, ada pula beberapa driver yang dinyatakan layak jalan dengan catatan. Dari total 50 driver yang mengikuti tes ini, 26 driver layak jalan, 22 driver layak jalan dengan catatan dan dua driver tidak layak jalan.

Adapun driver yang layak jalan dengan catatan tersebut kebanyakan karena tensinya tinggi, sehingga disarankan untuk meminum obat tensi dan istirahat cukup. Selain driver yang dinyatakan tidak layak jalan tersebut, driver lainnya yang menjalani tes juga tidak terdeteksi alkohol di dalam tubuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Luwu

News
| Senin, 13 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement