Advertisement

Dinas Pariwisata Jogja Hadirkan Tourist Information Service

Media Digital
Minggu, 24 Desember 2023 - 12:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Dinas Pariwisata Jogja Hadirkan Tourist Information Service Wisatawan mancanegara memanfaatkan Tourist Information Service (TIS) Jogja, Sabtu (23/12 - 2023).

Advertisement

JOGJA—Menyambut musim liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, kota Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata utama. Prediksi bahwa Kota Yogyakarta akan mendapatkan lonjakan kunjungan wisatawan yang cukup banyak pada liburan akhir tahun, Pemerintah Kota telah menyiapkan berbagai layanan terbaik dan perhatian khusus terhadap wisatawan.

Melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta mulai Sabtu 23 Desember hingga 1 Januari 2024 menghadirkan Tourist Information Service (TIS) di beberapa spot wisata untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan informasi kepada wisatawan yang berlibur di Kota Yogyakarta.

Advertisement

BACA JUGA: Roy Suryo Tuding KPU Tidak Adil dan Gibran Curang Pakai Ear Feeder saat Debat Cawapres, KPU Beri Penjelasan

Menurut Muhammad Zandaru Budi Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, hadirnya TIS ini adalah salah satu wujud komitment pemerintah untuk memberikan pelayanan prima terhadap wisatawan.

"TIS diharapkan dapat Memberikan informasi kepariwisataan secara langsung kepada wisatawan yang berkunjung di Kawasan wisata seperti di Malioboro dan sekitarnya, sehingga lebih mudah mendapatkan informasi kepariwisataan Kota Yogyakarta dan informasi layanan lainnya selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, selain di depan Mall Malioboro TIS juga hadir di Kawasan Museum Sonobudoyo mulai pukul 09.30 – 21.30 pengunjung dapat mengambil brosur wisata juga meminta informasi berbagai Event, destinasi, amenitas, tempat kuliner, sarana transportasi wisata, dan berbagai informasi lain di TIS," katanya.

Dalam menyambut wisatawan pada libur Nataru tahun ini, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta juga bersinergi dengan berbagai OPD di Kota Yogyakarta seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja.

Selain itu Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta juga didukung oleh Polresta Kota Yogyakarta dan TNI untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Dinas Pariwisata juga berkolaborasi dengan Paguyuban Becak, Andong, Forkom Kampung Wisata Kota Jogja, Forkom Kelompok Sadar Wisata untuk memberikan pelayanan yang ramah dan prima.

Dalam pantauan di Kawasan plaza mall malioboro, sejak hari pertama dibuka TIS sudah didatangi oleh berbagai wisatawan baik domestik maupun macanegara. Menurut petugas yang berjaga, sejumlah wisatawan mancanegara banyak meminta informasi tentang tempat penukaran uang dan jalur transportasi, seperti yang dilakukan oleh George wisatwan asal Yunani, yang berkunjung ke kota yogyakarta bersama keluarganya.

Ketika mengetahui ada TIS dia langsung mendatangi dan bertanya tentang Money Changer terdekat. Sementara wisatawan domestik yang banyak datang dari luar yogyakarta sering meminta informasi tentang tempat menginap, khususnya jelang pergantian tahun dan lokasi kuliner yang ada di kota Yogyakarta. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sesuai Penugasan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement