Advertisement

Agar Tidak Macet ke Pantai Selatan, Ini Daftar Jalur Alternatif yang Disiapkan Polres Bantul

Newswire
Minggu, 24 Desember 2023 - 15:37 WIB
Maya Herawati
Agar Tidak Macet ke Pantai Selatan, Ini Daftar Jalur Alternatif yang Disiapkan Polres Bantul Ditpolairud Polda DIY saat melakukan operasi di pinggir pantai Parangtritis. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Akhir pekan pada libur Natal kali ini, Polres Bantul menyiapkan dua sejumlah jalur alaternatif menuju kawasan wisata pantai selatan, agar wisatawan tidak terjebak macet.

"Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di jalur utama menuju Pantai Parangtritis, kami siapkan beberapa jalur alternatif," kata Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana dalam keterangan di Bantul, Sabtu (23/11/2023).

Advertisement

Menurut dia, pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru2024 yang dibarengi liburan sekolah, objek wisata Pantai Parangtritis dan sekitarnya akan dipadati ribuan wisatawan dari berbagai daerah.

"Kondisi itu bisa mengakibatkan jalur utama menuju Pantai Parangtritis, yaitu Jalan Parangtritis dipadati kendaraan wisatawan dari berbagai arah, sehingga berpotensi menimbulkan penumpukan kendaraan terutama di persimpangan," katanya.

Rincian Jalur Alternatif

Wisatawan agar melewati jalur alternatif menuju objek wisata Parangtritis untuk mengurangi kepadatan kendaraan di jalur utama, sehingga arus lalu lintas bisa berjalan lancar. Jalur alternatif yang bisa dilalui yaitu Jalan Imogiri Barat dan Jalan Imogiri Timur.

Dengan demikian, ketika wisatawan sampai di jalur Ringroad Selatan, kemudian melalui Simpang Wojo atau pun Simpang Terminal Giwangan langsung ke selatan sampai Simpang Selopamioro Imogiri, yang akan tembus di Simpang tiga selatan Jembatan Kretek I (Jalan Parangtritis).

BACA JUGA: 6 Tempat Parkir Dekat Tugu Jogja, Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru 2024

"Setelah itu, arus wisatawan ke selatan menuju TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) Induk Parangtritis," katanya.

Selain melalui kedua jalur alternatif tersebut, para wisatawan juga bisa melalui Sempalan Pundong ke timur melewati Jembatan Soka, kemudian diarahkan ke wilayah Gunung Puyuh yang selanjutnya masuk Jalan Parangtritis wilayah Kretek.

Jalur Kepulangan

Sementara itu, untuk jalur kepulangan dari kawasan wisata Pantai Parangtritis, arus kendaraan akan dialihkan melalui Jembatan Kretek II ke arah barat agar kendaraan yang keluar tidak bertemu dengan yang akan masuk.

"Jadi, dari Jembatan Kretek II ke barat melalui Simpang Tiga Pengklik, bisa lurus melalui Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), maupun ke kanan melalui Jalan Samas dan Jalan Bantul," katanya.

Pihaknya mengimbau para wisatawan agar tetap berhati-hati dalam berkendara, patuhi aturan lalu lintas dan imbauan petugas untuk keselamatan dan kelancaran bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement