Advertisement

Kota Jogja Siagakan Dua Titik Layanan Informasi Wisatawan di Malioboro

Alfi Annisa Karin
Senin, 25 Desember 2023 - 14:17 WIB
Sunartono
Kota Jogja Siagakan Dua Titik Layanan Informasi Wisatawan di Malioboro Tourist Information Service (TIS) yang disiapkan oleh Dinas Pariwisata Kota Jogja tampak didatangi oleh wisatawan mancanegara, Senin (25/12/2023). - Dokumentasi Dispar Kota Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, DANUREJAN—Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja menyiagakan dua pos Tourist Information Service (TIS) di dua titik. Lokasinya ada di depan Malioboro Mall dan kawasan Museum Sonobudoyo.

Di dalam TIS akan ada petugas yang siap menjawab pertanyaan dari wisatawan. Mulai dari informasi berbagai even, destinasi, amenitas, dan tempat kuliner. Wisatawan juga bisa mencari informasi terkait sarana transportasi wisata hingga informasi-informasi lainnya.

Advertisement

Sekretaris Dispar Kota Jogja Muhammad Zandaru menuturkan ini merupakan komitmen Pemkot Jogja dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan. Apalagi, Kota Jogja menjadi salah satu destinasi favorit. Baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. TIS ini akan beroperasi setiap hari mulai pukul 9.30-21.30 hingga 1 Januari 2024 mendatang.

BACA JUGA : Gibran Sebut Wisatawan Lebih Banyak ke Solo Ketimbang Jogja, Dispar DIY: Kami Tidak Fokus pada Angka

"TIS diharapkan dapat memberikan informasi kepariwisataan secara langsung kepada wisatawan yang berkunjung di kawasan wisata seperti di Malioboro dan sekitarnya," ujarnya, Senin (25/12).

Zandaru menambahkan, TIS di Malioboro Mall sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pertanyaan paling banyak yang disampaikan oleh wisatawan mancanegara di antaranya adalah terkait lokasi penukaran uang dan jalur transportasi.

"Sementara untuk wisatawan domestik lebih sering bertanya soal tempat menginap dan rekomendasi wisata kuliner di Kota Jogja," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dispar Kota Jogja Wahyu Hendratmoko mengatakan TIS tak hanya berhenti di dalam pos saja. Namun, petugas juga berkeliling mengenakan seragam khusus. Sehingga wisatawan tak lagi merasa sungkan untuk bertanya hal apapun. TIS ini juga menjadi etalase dari informasi terkait layanan dari 7 OPD lainnya.

BACA JUGA : Persiapkan Diri saat Liburan, Cuaca di Jogja Besok Bakal Panas Terik

"Kami akan mencoba memberikan pemberitaan yang positif sehingga masyarakat yang datang ke Kota Jogja tau tempat-tempat yang bisa dikunjungi dengan segala macam keunikannya," ungkap Wahyu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Loh Penampakan Rumah Mewah Syahrul Yasin Limpo yang Disita KPK

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement