Advertisement

Masih Ada Kalurahan Terdampak Kekeringan di Bantul, Butuh Droping Air Bersih

Jumali
Selasa, 26 Desember 2023 - 22:07 WIB
Sunartono
Masih Ada Kalurahan Terdampak Kekeringan di Bantul, Butuh Droping Air Bersih Ilustrasi. - Antara foto/ Okky Lukmansyah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul mencatat hingga saat ini masih ada sejumlah kalurahan di beberapa kapanewon di Bantul yang masih membutuhkan bantuan air bersih.

Padahal, saat ini anggaran untuk dropping air bersih dari APBD Bantul telah habis. "Untuk itu saat ini kami andalkan dari Baznas dan CSR. Sebab, anggaran senilai Rp25 juta untuk droping dari APBD sudah habis," kata Kepala BPBD Agus Yuli Herwanta, Selasa (26/12/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Anggaran untuk Dropping Air Bersih Ludes, BPBD Bantul Mutlak Andalkan CSR

Lebih lanjut Agus mengungkapkan, beberapa kapanewon yang saat ini masih meminta droping air adalah Kapanewon Dlingo dan Sedayu. Mereka bisa mengajukan permintaan dropping 10 tangki air bersih berkapasitas 5.000 liter per pengiriman setiap tiga hari sekali.

Oleh karena itu pihaknya kini mengandalkan persediaan 50 tangki bantuan air bersih dari CSR. Jika persediaan habis maka BPBD Bantul akan mengajukan penggunaan dana Belanja Tidak Terduga (BTT). "Nanti akan kami ajukan jika CSR sudah tidak bisa menangani," ucapnya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Bantul Antoni Hutagaol menyampaikan status siaga darurat kekeringan di Kabupaten Bantul akan berakhir pada 31 Desember 2023. Alasannya, ada rilis dari BMKG sampai akhir Desember hujan masih di bawah normal. Selain itu, masih adanya masyarakat yang membutuhkan dropping air bersih.

BACA JUGA : Status Darurat Kekeringan di Kulonprogo Berakhir, Permintaan Dropping Air Tetap Dilayani

Sementara berdasarkan data di BPBD Bantul, sampai 19 Desember 2023, telah tersalur sebanyak 11.245.000 liter untuk 46.552 jiwa. "Adapun droping terbesar didistribusikan untuk kalurahan Terong 2.145.000 liter dan Bangunjiwo sebesar 1.710.000 liter," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sesuai Penugasan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement