Advertisement

Antisipasi Macet saat Malam Tahun Baru, Jalur menuju TPR Parangtritis Dibuat Searah

Jumali
Rabu, 27 Desember 2023 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Antisipasi Macet saat Malam Tahun Baru, Jalur menuju TPR Parangtritis Dibuat Searah Ilustrasi suasana TPR Parangtritis. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dishub Bantul akan menerapkan arus searah bagi kendaraan yang hendak masuk ke kawasan pantai selatan Bantul melalui TPR Parangtritis pada perayaan pergantian tahun dan Tahun Baru 2024.

Sedangkan kendaraan yang akan keluar dari kawasan pantai selatan Bantul akan dibuat satu arah yakni lewat Jembatan Kretek II ke arah barat agar kendaraan yang keluar tidak bertemu dengan yang akan masuk.

Advertisement

"Ini sesuai dengan evaluasi kami atas pengaturan lalu lintas pada libur Natal 2023 lalu. Kami tidak ingin ada kepadatan dan kemacetan di TPR Parangtritis. Untuk itu kami akan buka empat lajur masuk. Nantinya kendaraan yang akan keluar dari kawasan pantai selatan Bantul akan dibuat satu arah yakni Jembatan Kretek II dan JJLS," kata Kepala Dishub Bantul, Singgih Riyadi, Rabu (27/12/2023).

Setelah dari JJLS, lanjut Singgih, nantinya kendaraan bisa menuju ke kanan melalui Jalan Samas dan Jalan Bantul. Menurut Singgih, pada perayaan pergantian tahun dan Tahun Baru 2024 pihaknya memprediksi ada 350.000 kendaraan akan masuk ke Bantul.

Selain jalan menuju ke Pantai Selatan, Singgih memperkirakan sejumlah jalan di Bantul seperti arah ke Mangunan juga akan padat. "Untuk itu kami akan lakukan rekayasa lalu lintas nantinya. Kami akan berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk pengaturannya," sambung Singgih.

Khusus untuk jalur Cinomati sebagai jalur alternatif, Singgih mengaku akan melarang bus besar melintas kawasan tersebut. Langkah itu diambil karena pihaknya tidak ingin ambil risiko terjadinya kecelakaan di kawasan Cinomati.

"Kami juga akan lebih perketat dan pasang petugas nanti di sana. Kami akan bekerja sama dengan warga sekitar untuk pengaturannya, termasuk terkait keberadaan sukarelawan ganjal ban," ucap Singgih.

BACA JUGA: Libur Nataru, Kunjungan ke Pantai Parangtritis Justru Beringsut Turun

Sementara Kasi Humas Polres Bantu, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengimbau wisatawan melewati jalur alternatif menuju objek wisata Parangtritis. Ada beberapa jalur alternatif yang bisa dilalui, yakni Jalan Imogiri Barat dan Jalan Imogiri Timur. Kedua jalur tersebut berada di timur Jalan Parangtritis.

Dari arah kota Jogja ketika sampai di Ringroad Selatan, kemudian melalui Simpang Wojo atau pun Simpang Terminal Giwangan langsung ke selatan sampai Simpang Selopamioro Imogiri, yang akan tembus di Simpang tiga selatan Jembatan Kretek I (Jalan Parangtritis). Setelah itu, arus wisatawan ke selatan menuju TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) Parangtritis.

"Para wisatawan juga bisa melalui Sempalan Pundong ke timur melewati Jembatan Soka. Kemudian diarahkan ke wilayah Gunung Puyuh yang selanjutnya masuk Jalan Parangtritis wilayah Kretek," terangnya.

Sementara itu, untuk jalur kepulangan dari Pantai Parangtritis, arus kendaraan akan dialihkan melalui Jembatan Kretek II ke arah barat melalui Simpang Tiga Pengklik, bisa lurus melalui Jalur Jalan Lintas Selatan [JJLS]. "Bisa juga ke kanan melalui Jalan Samas dan Jalan Bantul," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

12 Pesawat Tempur China Terbang Rendah di Wilayah Taiwan

News
| Sabtu, 27 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement