Advertisement

Malam Tahun Baru 2024, Car Free Night Diterapkan dari Tugu hingga Titik Nol Kilometer Jogja

David Kurniawan
Kamis, 28 Desember 2023 - 07:57 WIB
Sunartono
Malam Tahun Baru 2024, Car Free Night Diterapkan dari Tugu hingga Titik Nol Kilometer Jogja Perayaan malam Tahun Baru / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Aparat terus berupaya memastikan pelaksanaan malam pergantian tahun berjalan dengan lancar. Sejumlah skenario telah disiapkan untuk mengurangi potensi kemacetan.

Salah satunya menerapkan kebijakan car free night mulai dari Tugu-Maliboro-Titik Nol di Kota Jogja pada malam tahun baru. “Kebijakan bebas kendaraan mengacu hasil evaluasi pelaksanaan malam tahun baru di 2023. Saat itu campur aduk antara pejalan kaki dengan penggunaan kendaraan bermotor sehingga tahun ini dilaksanakan car free night sehingga bisa menikmati aman dan nyaman,” kata Dirlantas Polda DIY, Kombes Polisi Alfian Nurrizal saat dihubungi, Kamis (27/12/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Antisipasi Macet saat Malam Tahun Baru, Jalur menuju TPR Parangtritis Dibuat Searah

Untuk mendukung kebijakan ini sudah disediakan kantong-kantong parkir bagi Masyarakat yang ingin menghabiskan malam tahun baru di pusat Kota Jogja ini. Lokasi parkir di Tugu terletak di Kawasan Mc Donald, ex Gedung PLN, kelenteng dan lainnya.

Adapun lokasi parkir di Kawasan Malioboro terletak di ABA, Ketandan, Ngabean, Jalan Senopati, Taman Pintar dan sebelah Hotel Cavinton. “Dengan adanya tempat parkir ini pengunjung bisa menikmati dengan lancar,” katanya.

Menurut dia, untuk antisipasi tidak hanya penyiapan kantong-kantong parkir dikarenakan juga disediakan jalur evakuasi yang berada di dekat hotel Garuda Inn sehingga saat ada insiden bisa segera mendapatkan pertolongan. “Di sirip-sirip Maliboro ada tenda Kesehatan dan ambulan untuk memberikan pertolongan kepada pengunjung,” katanya.

Upaya mengurai kepadatan tidak hanya penerapan car free night di Tugu sampai Titik Nol. Pasalnya, juga ada langkah memecah keramaian dengan melaksanakan even music di beberapa titik seperti Prambanan dan Kridosono.

BACA JUGA : Sampah Kiriman dari Sleman dan Kota Jogja Hantui Perayaan Tahun Baru di Bantul

“Selain pentas music juga ada pesta kembang api. Harapannya dengan beberapa even di sejumlah titik bisa mengurai kepadatan dan tidak terfokus di Malioboro,” katanya.

Disinggung mengenai pelaksanaan libur natal, Alfian mengakui berjalan dengan lancar dan tidak ada kemacetan lalu lintas. “Yang ada kepadatan, tapi tidak sampai macet. Ini wajar karena berdasarkan data yang masuk sudah ada lebih dari empat juta orang yang masuk DIY,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Muhadjir Sebut Jokowi Perintahkan Para Menteri untuk Bangun Rest Area Lebih Banyak

News
| Senin, 06 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement