Advertisement

Sambut Lonjakan Wisatawan saat Pergantian Tahun, Dishub Siapkan Kantong-Kantong Parkir Ini

Lugas Subarkah
Kamis, 28 Desember 2023 - 20:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sambut Lonjakan Wisatawan saat Pergantian Tahun, Dishub Siapkan Kantong-Kantong Parkir Ini Taman Parkir Abu Bakar Ali, Malioboro, Jogja. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menyambut lonjakan wisatawan yang akan berlangsung selama pergantian tahun, Dinas Perhubungan Kota Jogja menyiapkan sejumlah kantong parkir di sekitar Malioboro yang bisa digunakan para pengunjung.

Kabid Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Jogja, Imanudin Aziz, mengatakan kantong-kantong yang disiapkan ada yang milik Pemkot Jogja, Pemda DIY dan milik swasta. “Kalau yang milik Pemkot Jogja salah satunya tempat khusus parkir Senopati, kemudian Ngabean, Sriwedari,” ujarnya, Kamis (28/12/2023).

Advertisement

Tiga lokasi ini biasanya untuk bus wisata, yang nanti akan dialihfungsikan untuk mobil pribadi. Hal ini dikarenakan pada libur natal dan tahun baru (nataru) didominasi oleh keluarga, yang menggunakan mobil pribadi untuk wisata.

“Kemudian yang milik Pemda DIY, pertama tempat khusus parkir Abu Bakar Ali, Beskalan, kemudian ada Ketandan. Kemudian tempat khusus parkir milik swasta salah satunya yang baru di Jalan Mataram, tempat khusus parkir Malioboro Mal,” katanya.

Baca Juga

Marak Parkir Ilegal di Jogja, Dishub: Jangan Bayar kalau Tak Ada Karcis!

Antisipasi Banjir Wisatawan, 12 Kantong Parkir Disiapkan di Sekitar Malioboro

Parkir Sembarangan, Puluhan Kendaraan Digembosi dan Digembok Petugas

Tempat parkir baru tersebut sudah buka per 1 Desember 2023 dengan kapasitas secara satuan ruang parkir (SPR) 40 mobil, tapi secara teknis operasional bisa lebih, bahkan 60-80 mobil. “Itu alternatif ketika nanti wisatawan akan menyaksikan pergantian tahun baru itu di kawasan malioboro,” ungkapnya.

Di samping samping itu, parkir juga bisa di beberapa tepi jalan umum, di sirip-sirip Malioboro maupun sepanjang Tugu Malioboro Keraton (Gumaton). “Memang peruntukannya nanti yang akan kami ubah, jika sebelumnya peruntukan untuk bis kita alihkan nanti untuk kendaraan pribadi khususnya mobil,” kata dia.

Ia menyampaikan kepada wisatawan agar selalu meminta karcis parkir, karena itu merupakan hak konsumen dan sebagai tanda resmi atau tidaknya tempat parkir tersebut. “Selama ini yang agak diabaikan itu hak untuk meminta karcis. Padahal sebenarnya karcis itu adalah salah satu syarat klaim mana kala kendaraan itu hilang,” ungkapnya.

Secara regulasi, kendaraan yang hilang sudah diatur ganti ruginya 50:50 antara penyelenggara parkir dengan pemilik kendaraan. “Nah salah satu syarat klaim itu menunjukkan karcis parkir tersebut. Apakah karcis parkir itu nomor seri sama atau berbeda. Kalau sama berarti memenuhi syarat di samping surat-surat dan sebagainya. Itu yang perlu edukasi terus menerus,” paparnya.

Terkait dengan karcis yang resmi milik pemerintah, terdapat nomor seri, ada korporasi seperti dijahit karcisnya. Kemudian ada logo dan tulisan Pemerintah Kota Yogyakarta, ada dasar Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Walikota (Perwal) serta nominal tarif yang kecil dan besar.

“Itu untuk memudahkan ciri khas ini milik Pemkot. Karena akan berbeda dengan yang dikeluarkan oleh aktivitas pelaku parkir liar. Itu kan biasanya hanya nominal parkir yang ditonjolkan. Itu yang membedakan,” katanya.

Masyarakat juga bisa membedakan parkir resmi dan liar dari seragam juru parkir. Seragam untuk parkir yang di tepi jalan umum untuk kawasan satu berwarna biru komplit dengan nomor aduan dan nomor register. Kawasan dua hijau dan kawasan tiga oranye merah atau oranye. “Kawasan satu Gumaton dan sirip-siripnya, Urip Sumoharjo itu biru,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement