Advertisement

Renovasi Stadion Maguwoharjo Ditarget Rampung Oktober 2024

Catur Dwi Janati
Kamis, 28 Desember 2023 - 08:47 WIB
Sunartono
Renovasi Stadion Maguwoharjo Ditarget Rampung Oktober 2024 Kontrak paket pekerjaan rehabilitasi dan renovasi Stadion Maguwoharjo resmi ditandatangani antara PPK Prasarana Strategis II dan BPB Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi DIY di Ruang Rapat Balai Prasarana Permukiman Wilayah DIY pada Rabu (27/12/2023). - Istimewa / Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kontrak paket pekerjaan rehabilitasi dan renovasi Stadion Maguwoharjo resmi ditandatangani. Renovasi Stadion Maguwoharjo ditargetkan rampung selama 10 bulan yang berakhir pada Oktober 2024 nanti.

Penandatanganan antara PPK Prasarana Strategis II dan BPB Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi DIY berlangsung di Ruang Rapat Balai Prasarana Permukiman Wilayah DIY pada Rabu (27/12/2023). Penandatangan ini turut disaksikan langsung Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo

Advertisement

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah DIY, Noegraha Laksana menjelaskan latar belakang renovasi stadion yang marak dilakukan. Dijelaskan Noegraha, usai tragedi kericuhan di Stadion Kanjuruhan pada Oktober 2022 lalu, Presiden RI memberikan instruksi langsung kepada Kementerian PUPR untuk melakukan evaluasi seluruh stadion.

BACA JUGA : Stadion Maguwoharjo Direnovasi Mulai 15 Desember, Sejumlah Kantor Telah Kosong

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang kembali. Tak terkecuali Stadion Maguwoharjo yang juga masuk dalam daftar stadion yang kudu menjalani renovasi.

Pemkab Sleman sendiri menerima paket pekerjaan multi years dengan anggaran mencapai Rp124 miliar. Realisasi kontrak ini akan dilaksanakan untuk rehabilitasi dan renovasi stadion Maguwoharjo. Stadion yang menjadi markas PSS Sleman ini pengerjaannya ditargetkan berjalan selama 300 hari kalender, terhitung mulai dari 27 Desember 2023 hingga 21 Oktober 2024.

"Mudah-mudahan 10 bulan pelaksanaan kontrak ini bisa diselesaikan oleh kontraktor pelaksanaan dengan lancar. Sehingga hasil yang didapat bisa sesuai dengan harapan kita," kata Noegraha.

Ada sejumlah kriteria stadion yang masuk dalam daftar evaluasi untuk renovasi. Kriteria tersebut mencakup stadion yang dipakai dalam perhelatan liga 1 dan 2 Indonesia. Baik itu digunakan sebagai lokasi pertandingan maupun tempat latihan. Kriteria lainnya ialah stadion yang memiliki risiko tinggi dan stadion memiliki kapasitas yang besar.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyambut baik kerjasama dengan Kementerian PUPR yang telah mengalokasikan anggaran dan paket pekerjaan renovasi serta rehabilitasi Stadion Maguwoharjo. Tentunya, Pemkab Sleman lanjut Kustini dengan serius mendukung program rehabilitasi dan renovasi Stadion Maguwoharjo.

Adanya renovasi dan rehabilitasi ini, diharapkan Kustini dapat semakin menguatkan komitmen Pemkab Sleman dalam mengembangkan olahraga di Kabupaten Sleman. Kustini berharap, wajah baru stadion sebagai ikon Kabupaten Sleman ini juga dapat mendukung Stadion Maguwoharjo menjadi ajang laga tanding olahraga nasional maupun internasional.

"Harapannya setelah direnovasi, Stadion Maguwoharjo ini semakin baik, semakin megah dan menjadi kebanggaan Kabupaten Sleman dan mendukung upaya pembangunan olahraga di Kabupaten Sleman dan sekitarnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Rutan Nonaktif KPK Ajukan Praperadilan Kasus Pungli

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement