Advertisement

Rumuskan RPJPD 2025, Ini Dia 10 Isu Strategis yang Jadi Fokus Pemkab Gunungkidul

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 28 Desember 2023 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Rumuskan RPJPD 2025, Ini Dia 10 Isu Strategis yang Jadi Fokus Pemkab Gunungkidul Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul tengah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045. Saat ini, penyusunan RPJPD tersebut masuk pada tahap rancangan awal. RPJPD itu akan berfokus pada 10 isu penting.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Mohamad Arif Aldian mengatakan mengatakan isu strategis dalam rancangan awal RPJPD 2025-2045 mencakup 10 isu.

Advertisement

Pertama, berkaitan dengan optimalisasi ketahanan pangan untuk mendukung kehidupan ekonomi layak lalu pengurangan kemiskinan dan ketimpangan antarwilayah dan antarkelompok pendapatan,” kata Arif ditemui di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari, Kamis (28/12/2023).

Selain itu masih ada upaya mewujudkan ekonomi hijau untuk mendorong transformasi ekonomi. Kemudian meningkatkan kualitas SDM unggul dalam bingkai Keistimewaan DIY; optimalisasi pengembangan tekonologi informasi menuju good governance; dan peningkatan kualitas lingkungan hidup; juga pengendalian alih fungsi lahan.

Tiga isu terakhir yaitu mengenai isu ketahanan bencana dan adaptasi perubahan iklim; pemerataan infrastruktur sehingga mencapai universal akses; dan perwujudan energi hijau.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan RPJPD 2025-2045 akan memberikan arah dan pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan pembangunan daerah yang integral dengan tujuan nasional.

Sunaryanta menambahkan penyelarasan RPJPD dengan tujuan pembanguan berkelanjutan (TPB) menjadi wujud pendekatan holistik, integratif, dan tematik dalam mencapai tujuan pembanguan tersebut.

Selain itu juga menumbuhkan perekonomian inklusif dan mewujudkan kelestarian lingkungan dalam pembangunan 20 tahun ke depan. “Selaras dengan RPJPD DIY dan RPJPN maka kami telah menyepakati visi pembangunan jangka panjang,” katanya.

Dengan begitu visi RPJPD 2025 - 2045 yaitu Gunungkidul yang Bermartabat, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan Tahun 2045.

BACA JUGA: Petakan Pembangunan Gunungkidul 20 Tahun ke Depan, Bupati: Jangan Cuma Copy Paste!

Adapun, misi RPJPD yaitu pertama, Mewujudkan Transformasi Sosial, Ekonomi dan Tata Kelola, serta Peningkatan Daya Saing dan Kualitas Hidup Masyarakat dalam Kebudayaan yang Lestari; dan yang kedua, Mewujudkan Kesinambungan Pembangunan yang Berkelanjutan dan Berkeadilan.

Menurut Sunaryanta, rancangan awal tersebut dibuat sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan dengan 203 indikator Tujuan Pembanguan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) yang secara efektif mengatasi tantangan mendesak yaitu penanggulangan kemiskinan, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), pemenuhan kebutuhan dasar, antisipasi perubahan iklim, dan isu-isu pembangunan berkelanjutan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Respons Kemenkes Melihat Kasus Covid-19 di Singapura yang Naik

News
| Selasa, 21 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement