Advertisement

Libur Natal, 300 Ribu Kendaraan Masuk Kota Jogja

Alfi Annisa Karin
Sabtu, 30 Desember 2023 - 15:57 WIB
Sunartono
Libur Natal, 300 Ribu Kendaraan Masuk Kota Jogja Suasana kawasan Malioboro, Senin (18/12) - Harianjogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja Agus Arif Nugroho mencatat pergerakan kendaraan masuk di Kota Jogja pada rentang waktu 24-29 Desember 2023. Dia menyebut, setidaknya telah ada 374.170 kendaraan masuk. Atau setidaknya ada 124.723 rata-rata kendaraan yang masuk setiap harinya. Ini merupakan hasil perekaman simpang-simpang masuk Kota Jogja.

“Di dalam satuan mobil penumpang rata-rata 4. Kalau 374 ribu, berarti rata-ratanya hampir 1,5 juta masyarakat yang berkunjung ke Kota Jogja,” ujar Agus, Sabtu (30/12/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Mulai 1 Januari 2024, Tarif Baru Retribusi Objek Wisata di Gunungkidul Resmi Berlaku

Dia menambahkan, kenaikan jumlah kendaraan masuk secara signifikan dan mencapai puncaknya terjadi pada tanggal 24-26 Desember 2023. Akan terus bertambah mengingat liburan masih sampai tanggal 2 Januari 2024. Menurut Agus, jumlah kendaraan masuk yang tercatat ini bahkan terhitung meningkat 30 persen jika dibandingkan dengan liburan terakhir di Kota Jogja.

“Karena berbarengan dengan liburan sekolah. Harapan kami, semuanya masyarakat yang datang ke Kota Jogja merasa nyaman,” katanya.

Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menyebut, Kota Jogja menjadi salah satu tujuan wisata domestik nomor satu selama libur nataru. Mengalahkan beberapa destinasi wisata domestik lainnya seperti Denpasar, Bandung, Semarang, dan berbagai daerah lainnya.

Hal ni dibuktikan lewat berbagai survei, di antaranya survei yang dilakukan oleh Kemenparekraf ataupun Indonesia.id. Singgih menyebut, perhitungan wisatawan di Kota Jogja masih belum selesai dilakukan. Namun, yang pasti secara kasat mata pergerakan wisatawan baginya cukup besar. Beberapa objek wisata tampak dipadati wisatawan. Misalnya, Malioboro, Taman Sari, Taman Pintar, hingga Museum Sonobudoyo.

“Semoga mereka yang datang ke Jogja itu membawa berkah tidak hanya banyaknya kendaraan yang masuk, tapi juga berkah bagi perekonomian di Kota Jogja,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

12 Sukarelawan MER-C Indonesia Masih Tertahan di Gaza Selatan, Tinggal di Penginapan

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement