Advertisement

Polres Bantul Imbau Warga Tak Nyalakan Petasan Saat Malam Pergantian Tahun Baru

Jumali
Sabtu, 30 Desember 2023 - 13:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Polres Bantul Imbau Warga Tak Nyalakan Petasan Saat Malam Pergantian Tahun Baru Polisi sita petasan hasil sitaan dari masyarakat di sekitar JJLS, di Markas Polsek Srandakan, Senin (3/6/2019). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULPolres Bantul mengimbau bagi seluruh masyarakat untuk tidak menyalakan petasan saat perayaan pergantian malam tahun baru.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengatakan, masyarakat diingatkan tidak menyalakan petasan saat pergantian tahun karena dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Advertisement

"Kami ingatkan jangan menyalakan petasan, karena ini berbahaya," ungkapnya, Sabtu (30/12/2023).

BACA JUGA: Malam Tahun Baru 2024, Kawasan Malioboro Akan Ditutup untuk Kendaraan Bermotor

Selain itu, lanjut Jeffry, masyarakat juga diimbau untuk tidak menggunakan kembang api saat pergantian tahun secara berlebihan yang mengancam keselamatan jiwa atau kebakaran.

"Kami ingatkan kembang api tidak digunakan apalagi berlebihan, karena ini berbahaya," ujar dia.

Dirinya juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan konvoi saat malam pergantian tahun. Hal itu demi menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam menyambut tahun baru 2024.

"Yang perlu kami imbau dalam hal ini, tentu bersama-sama kita menjaga situasi kamtibmas dengan baik dan juga karena ruas jalan adanya car free night, juga tidak untuk dilakukan konvoi atau arak-arakan ya," jelas dia.

Menurut Jeffry, konvoi akan mengganggu aktivitas masyarakat lainnya. Selain itu, berpotensi menimbulkan gesekan yang berujung konflik antar warga.

"Maka harapannya saling jaga kondusivitas, tidak konvoi, kemudian tidak arak-arakan dan kemudian juga hindari perbuatan-perbuatan yang memang dapat menimbulkan potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat," ungkapnya.

Jeffry juga mengingatkan pada warga Bantul, agar memastikan kondisi rumah aman saat ditinggal merayakan malam pergantian tahun baru.

BACA JUGA: Malam Tahun Baru 2024, Pesta Kembang Api dan Atraksi Seni Digelar di Pantai Trisik Kulonprogo

"Kita mengingatkan kepada masyarakat, bahwa rawan terjadinya pencurian di rumah kosong. Untuk itu warga sebaiknya mengecek kembali kondisi keamanan rumah tersebut," ujar dia.

Diperkirakan, banyak warga yang merayakan malam tahun baru di luar rumah. Untuk itu, masyarakat diimbau agar menggelar kegiatan di daerahnya sendiri untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.

"Kita imbau masyarakat yang tidak berkepentingan untuk tidak ke luar rumah ya, hindari jalan-jalan protokol. Buat kegiatan sendiri bersama keluarga," paparnya.

Menurut Jeffry, ada banyak tindakan kejahatan yang bisa terjadi di malam tahun baru. Karena itu masyarakat juga diminta tetap waspada dan menjadi polisi bagi dirinya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Sebut Telah Masukkan Program Makan Siang Gratis ke Dalam RKP 2025

News
| Senin, 06 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement