Advertisement

Malam Tahun Baru, Polresta Jogja Siapkan Tim Urai Kemacetan

Newswire
Minggu, 31 Desember 2023 - 15:17 WIB
Maya Herawati
Malam Tahun Baru, Polresta Jogja Siapkan Tim Urai Kemacetan Lalu lintas di Simpang Jembatan Kewek terlihat padat pada Jumat (29/12/2023). - Harian Jogja - Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menanggulangi kemacetan dan mencegah kepadatan arus kendaraan dari berbagai jalur yang menuju kawasan Malioboro saat malam Tahun Baru 2024, Polresta Jogja menerjunkan tim urai.

"Personel di sekitar Malioboro yang dari lalu lintas sebanyak 136 personel, ditambah beberapa tim urai yang sudah kami siapkan," kata Kasatlantas Polresta Jogja AKP Maryanto di Jogja, Sabtu (30/12/2023).

Advertisement

Menurut Maryanto, tim urai gabungan dari Polresta Jogja dan Ditlantas Polda DIY akan bertugas di sejumlah titik yang dinilai rawan kemacetan. "Kami siapkan dari Ditlantas [Polda DIY] maupun Polresta Jogja," kata Maryanto.

Saat malam pergantian tahun, menurut dia, kemacetan biasanya terjadi di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Margo Utomo, Jalan Abu Bakar Ali, Jalan Malioboro, serta Jalan Pasar Kembang.

Untuk mencegah kemacetan itu, polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus kendaraan yang hendak menuju kawasan Tugu Pal Putih, Malioboro, hingga Keraton Jogja (Gumaton).

Rekayasa lalu lintas di kawasan Tugu Jogja dilakukan dengan sistem buka tutup di simpang empat Terban, simpang empat Jetis, serta simpang empat Pingit.

Apabila masyarakat sudah terpantau memenuhi kawasan Tugu, maka di titik-titik tersebut akan diterapkan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan kendaraan.

BACA JUGA: Gara-Gara Knalpot Relawan Ganjar-Mahfud Dianiaya Anggota TNI, 15 Orang Diperiksa

​​​​​​Untuk di kawasan Malioboro, pengalihan arus dilaksanakan di Teteg Malioboro menuju arah Titik Nol Km, mulai pukul 18.00 WIB, atau bersamaan dengan pelaksanaan malam bebas dari kendaraan bermotor (car free night​​​​​​​).

Personel Polresta Jogja, Dinas Perhubungan Kota Jogja, serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jogja bakal disiagakan untuk menjaga tidak ada kendaraan yang menerobos masuk melalui sirip-sirip Malioboro.

​​​​​"Personel kami, baik Polri, Dishub, dan Pol PP sudah diarahkan untuk plotting-nya; sehingga arah masuk sirip Malioboro terjaga," kata Maryanto.

Polisi juga menerapkan rekayasa lalu lintas menuju Titik Nol Kilometer Jogja dengan mengalihkan arus kendaraan dari arah timur di simpang Gondomanan, dari arah barat di simpang Ngabean, dan dari RS PKU Kota Jogja.

Dalam Operasi Lilin Progo 2023, sejak 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, Polresta Jogja mengerahkan total sebanyak 1.151 personel gabungan dari Polresta Jogja, Polda DIY, dan dinas-dinas terkait.

​​​​​​​Personel tersebut disebar di berbagai titik rawan kecelakaan lalu lintas, kemacetan, dan kejahatan serta keramaian, termasuk ditempatkan di tiga pos pengamanan dan satu pos terpadu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Fakta-fakta Seputar Korupsi SYL yang Terungkap di Persidangan, dari Beli Mobil, Kaca Mata hingga Bayar Biduan

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement