Advertisement

Antisipasi Macet di Jalur Wisata, Skema Ini yang Disiapkan Dishub Gunungkidul

Newswire
Minggu, 31 Desember 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Antisipasi Macet di Jalur Wisata, Skema Ini yang Disiapkan Dishub Gunungkidul Kemacetan, macet. - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengaku telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif jika terjadi kepadatan di jalur utama.

Rekayasa arus lalu lintas ini difokuskan di lima titik yang berpotensi terjadi kepadatan saat liburan. Pertama, simpang empat Patuk, atau ke arah selatan menuju destinasi wisata HeHa, akan dipasang pembatas.

Advertisement

Dari arah Jogja menuju ke HeHa diputarkan dulu ke Kali Pentung baru ke kiri. Untuk wisatawan yang keluar dari HeHa ke kiri arah Yogyakarta.

Jalur utama Jogja-Wonosari, untuk kendaraan kecil diimbau bisa menggunakan jalur alternatif melalui Sambi-Tawang-Sorogedug/Klaten, atau Playen-Getas-Mangunan-Imogiri.

Kedua, bus wisata dari Klaten, Solo dan sekitarnya diarahkan masuk melalui Jalan Baron. Dari arah Wonogiri, Pacitan bisa mengakses Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). "Bus pariwisata dari arah Jogja bisa melalui simpang tiga Gading kanan Playen, Paliyan, lanjut ke arah JJLS," kata Bayu.

Ketiga, bus menuju pantai bisa menggunakan jalur utama jalan Baron atau pintu masuk Baron ke timur keluarnya JJLS baik ke timur dan baratnya atau Tepus-Mulo.

BACA JUGA: 5 Destinasi Wisata Gunungkidul Menarik Dikunjungi, Bisa Jadi Referensi Libur Tahun Baru

Keempat, kendaraan besar bus dan truk tidak boleh keluar melalui pintu utama utara. Harus ke timur arah tepus atau ke barat arah JJLS Saptosari. "Kami sudah siapkan rekayasa arus lalu lintas, sifatnya situasional," katanya.

Untuk rekayasa kelima, wisatawan dari pantai yg menggunakan JJLS arah Saptosari. Bus besar ke kanan Paliyan-Playen-Jogja. Sementara kendaraan kecil bisa melalui Saptosari-Panggang-Bantul-Jogja. "Rekayasa lalu lintas diberlakukan bila ada penumpukan kendaraan wisatawan. Selain itu, rekayasa lalu lintas ini sudah diberlakukan sejak libur Natal 2023, dan terbukti bisa mengurai kemacetan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Sebut Telah Masukkan Program Makan Siang Gratis ke Dalam RKP 2025

News
| Senin, 06 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement