Advertisement

Gunungkidul Akan Bangun 26 Zona Selamat Sekolah Tahun Ini

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 03 Januari 2024 - 09:27 WIB
Ujang Hasanudin
Gunungkidul Akan Bangun 26 Zona Selamat Sekolah Tahun Ini Ilustrasi ZoSS. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul akan membuat Zona Selamat Sekolah (ZoSS) dengan sasaran 26 satuan pendidikan baik SD maupun SMP yang dilintasi Jalan Kabupaten. Pembuatan yang menggunakan Dana Keistimewaan (Danais) tersebut akan dibuat lebih sederhana daripada ZoSS pada umumnya. Prinsipnya ZoSS sederhana itu ditujukan untuk mencegah kecelakaan lalu lintas.

Sekretaris Dishub Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan satuan pendidikan sasaran pembuatan ZoSS semuanya berada di ruas Jalan Kabupaten yang masuk Satuan Ruang Strategis (SRS) Gunungsewu.

Advertisement

“Sasarannya 26 sekolah tapi memang belum ada penetapan mana saja. Itu sekolah yang dilintasi Jalan Kabupaten. ZoSS yang kami buat versi minimalis atau lebih mengarah kepada zebra cross yang dilengkapi marka piku-piku,” kata Bayu dihubungi, Selasa (2/1/2023).

Satuan pendidikan yang menjadi sasaran tersebut berada di jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Kata dia, sampai saat ini ZoSS baru terdapat di ruas Jalan Nasional. Alasan minimnya ZoSS di Kabupaten Gunungkidul adalah keterbatasan anggaran.

Pembuatan satu ZoSS yang lengkap dapat memakan biaya hingga Rp80 juta. Teranganya, ZoSS memiliki banyak unsur penyusun seperti warning light, rambu penyebarangan, hati-hari, marka merah, pita penggaduh, dan lainnya.

“Satu tempat pembuatan ZoSS bahkan bisa Rp100 juta kalau lengkap sekali. Rambu-rambu saja paling tidak perlu delapan,” katanya.

BACA JUGA: Dinas Perhubungan Sleman Memperbanyak Zona Selamat Sekolah

Lebih jauh Bayu pembuatan ZoSS harus mengukuti standar yang telah diatur Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Penyedia juga harus memiliki izin penyelenggaran fasilitas jalan.

Kepala Dispendik Gunungkidul, Nunuk Setyowati mengatakan pembuatan ZoSS penting karena kecepatanan kendaraan yang melintas di depan sekolah perlu dikontrol.

“Saya sangat mendukung kalau ada pembuatan Zona Selamat Sekolah. Syukur-syukur ZoSS ada di semua sekolah yang kebetulan berada di pinggir jalan raya,” kata Nunuk.

Sebelumnya, Satlantas Polres Gunungkidul mencatat angka kecelakaan lalu lintas di jalanan dari Januari hingga Oktober 2023 mencapai 697 kejadian. Jumlah korban jiwa dalam kecelakaan tersebut menyentuh angka 70 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Indonesia Kecam Serangan Militer Israel ke Rafah

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement