Advertisement

Evakuasi Longsor Kulonprogo Baru Mencapai 50 Persen, Akses Jalan Masih Terputus

Triyo Handoko
Jum'at, 05 Januari 2024 - 16:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Evakuasi Longsor Kulonprogo Baru Mencapai 50 Persen, Akses Jalan Masih Terputus Suasana kerja bakti gotong royong memberishkan longsoran di Samigaluh pada Jumat (5/1 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Evakuasi tanah longsor di Samigaluh masih terus dilakukan masyarakat sekitar yang dibantu personil kepolisian, TNI, BPBD, kelompok relawan, dan lainnya pada Jumat (5/1/2023).

Dari pantauan di lapangan, evakuasi longsoran tersebut sudah menggunakan berbagai alat berat agar jalan yang terputus segera dapat dipulihkan. Hingga berita ini diturunkan, akses jalan yang sempat terputus belum dapat dipulihkan karena evakuasi tanah longsoran masih terus dilakukan.

Advertisement

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulonprogo, Budi Prastawa menegaskan sudah menyiapkan lokasi untuk mengevakuasi tanah longsoran yang menimpa rumah warga.

BACA JUGA: Tujuh KK Mengungsi Akibat Rumah Terancam Longsor di Kulonprogo

Dua dump truck juga sudah dikerjakan, jelas Budi, untuk mengakut tanah longsoran tersbeut. "Ternyata tidak hanya tanah, ada juga bebatuan dari talud  yang jebol, ini masih kami terus evakuasi agar segera pulih kondisinya," katanya, Jumat (5/1/2023) siang.

Budi menerangkan evakuasi ditargetkan rampung secepat mungkin. "Sekarang progresnya sudah 50% akan terus dilakukan agar segera pulih kembali, hari ini kami harap segera rampung, atau paling lama besok sudah pulih kembali," terangnya.

BACA JUGA: Tak Hanya Seret Mobil, Longsor Kulonprogo Menimbun Vario dan MX King

Polres Kulonprogo juga turut membantu pembersihan longsoran tersebut dimana menerjunkan beberapa personilnya. Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setyowati juga turut hadir dalam proses gotong royong kerja bakti tersebut.

“Disamping menggunakan alat berat berupa becho dan dua armada dump truck, pembersihan material longsor dilakukan dengan cara manual oleh personel Polres Kulonprogo, Personel Brimob dan Personel Kodim 0731 bersama relawan dan warga masyarakat," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement