Advertisement

Bencana Longsor di Kulonprogo, Belasan Warga Termasuk Balita Masih Mengungsi

Triyo Handoko
Jum'at, 05 Januari 2024 - 17:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Bencana Longsor di Kulonprogo, Belasan Warga Termasuk Balita Masih Mengungsi Tanah longsor yang menerjang Kalurahan Gerbosari, Samigaluh, Kulonprogo yang menyebabkan 16 orang mengungsi pada Kamis (4/1 - 2023). ist / Kapanewon Samigaluh

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 17 orang masih mengungsi akibat longsor di Pedukuhan Clumprit, Kelurahan Gerbosari, Samigaluh, Kulonprogo pada Jumat (5/1/2023).

Ancaman longsor susulan masih terdeteksi karena di lokasi longsor masih turun hujan lebat. Warga pun memilih mengungsi ke Kantor Kapanewon Samigaluh. Tercatat ada sebanyak 17 warga. Dari jumlah tersebut, terdapat dua balita yang ikut mengungsi. 

Advertisement

BACA JUGA: Berikut Rincian Korban Luka dan Korban Jiwa Kecelakaan KA Turangga Vs KRL Bandung Raya

Panewu Samigaluh Suryantoro mengatakan selain 17 orang ini saja yang mengungsi ke Kantor Kapanewon, terdapat lima orang lainnya yang mengungsi ke rumah sanak saudaranya.

"Kami belum tahu sampai kapan mereka mengungsi tapi kalau melihat kondisi sekarang, kami takutnya ada longsor susulan sehingga perkiraan sampai kapannya belum tahu. Yang jelas lebih aman di posko terlebih dahulu," ungkap Panewu Samigaluh Suryantoro pada Jumat siang.

Dia menjelaskan, untuk kebutuhan para pengungsi sudah tercukupi. Pemkab Kulonprogo, lanjutnya, sudah mengirimkan logistik bantuan. "Kebutuhan pokok sudah mencukupi, kondisi pengungsi aman lancar masih cukup sehat," terangnya.

Kapanewon Samigaluh memperkirakan kerugian dari kejadian longsor ini mencapai Rp85 juta. "Taksiran semantar akerugian bencana ini sebesar Rp85 juta, perhitungan kerugian masih terus dilakukan," katanya.

BACA JUGA: Kaesang Safari Politik di Sumatera untuk Memenangkan Prabowo-Gibran

Kepala BPBD Kulonprogo Taufik Prihadi menyebut pihaknya juga belum menentukan hingga kapan belasan orang ini akan mengungsi. "Nanti akan kami kaji lagi, jika sudah cukup aman dapat pulang ke rumah masing-masing," tuturnya.

Kerugian terhadap kejadian longsor ini juga tengah dihitung BPBD Kulonprogo. "Pendataan amsih terus dilakukan, langkah rehabilitasi juga sedang dalam koordinasi bersama," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement