Advertisement

2 Hari Jelang Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman, Ini Suasana Persiapan di Lokasi Acara

Yosef Leon
Senin, 08 Januari 2024 - 14:57 WIB
Sunartono
2 Hari Jelang Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman, Ini Suasana Persiapan di Lokasi Acara Sejumlah pekerja saat merangkai janur yang digunakan dalam prosesi pernikahan B.P.H. Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti oleh Kadipaten Pakualaman, Senin (8/1/2024). - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah persiapan prosesi Dhaup Ageng atau pernikahan B.P.H. Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti oleh Kadipaten Pakualaman terus dilakukan. Beberapa hari menjelang hari H, panitia tengah menyiapkan dekorasi di lokasi penyelenggaraan acara. 

Koordinator Tim Artistik Dhaup Ageng Sita Adishakti mengatakan, sebanyak 400 pelepah yang disiapkan untuk dirangkai menjadi janur dalam acara itu. Selain itu puluhan bambu pun sedang dirangkai untuk digunakan sebagai pelengkap pembuatan janur. 

Advertisement

"Gedebog ada 70-an. Terus bunga itu justru paling banyak melati berupa untaian, kemudian bunga mawar, mawar putih dan mawar merah, karena kita temanya untuk kamar pengantin putera itu nuansa kebiru-biruan. Sementara puteri warna merah muda," kata Sita, Senin (8/1/2024). 

BACA JUGA : Digelar Mulai 10 Januari, Ini Urutan Proses Dhaup Ageng Pakualaman

Dia menjelaskan, pada proses ijab kabul atau hari pertama acara tepat di 10 Januari nanti kedua mempelai akan memakai pakaian bernuansa putih. Sementara di resepsi hari kedua atau 11 Januari keduanya akan menggunakan pakaian dengan corak merah putih. 

"Bunganya bermacam-macam ada krisan, lili, dan ada juga yang istilahnya gompi. Yang jelas mawar merah putih dan mawar salem untuk kamar puteri, sayang gak ada warna mawar yang biru untuk putera," katanya. 

Suasana dekorasi mulai dari tenda dan sejumlah pernak-pernik Dhaup Ageng bisa dikatakan didominasi oleh warna biru. Kabarnya putera bungsu KGPAA Paku Alam X itu memang menyukai warna tersebut.

"Bisa dilihat juga tempat tidurnya itu head bed itu batik indigo alami, kemudian bantal, bed runner juga warna biru indigo alami," ungkapnya. 

Total ada sebanyak 52 umbul-umbul yang disiapkan oleh panitia. Semuanya satu jenis dan sengaja didesain khusus. "Tingginya 7 dan 7,5 meter ada perubahan di plengkung tidak polos. Kemudian ada geger naganya dan pada tolak bolonya biru putih," kata dia. 

Sita menambahkan, beberapa pernak-pernik dan dekorasi yang disiapkan pada pernikahan BPH Kusumo Kuntonugroho ini sebenarnya tidak beda jauh dengan saat kakak sulungnya melangsungkan pernikahan. Bedanya pada putera pertama Wakil Gubernur DIY itu dominan memakai warna hijau dan kuning. 

BACA JUGA : Dhaup Ageng Pakualaman Digelar mulai 10 Januari, Ini Jalan yang Ditutup dan Dibikin Searah

"Untuk umbul-umbul akan kita pasang nanti malam sekitar pukul 20.00 WIB dengan jumlah 8 buah. Terus besok 18. Total ada 40an penjanur, perangkai bunga 6, supporting system 10 total hampir 70, rata-rata dari Jogja. Ada tim relawan. Jam 2-6 sudah pada datang ke sini," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kunker Jokowi Diduga karena Menghindari Demo Hari Buruh, Istana Bilang Begini

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement