Advertisement

Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman, Kedua Mempelai Jalani Proses Ijab Kabul

Yosef Leon
Rabu, 10 Januari 2024 - 09:57 WIB
Sunartono
Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman, Kedua Mempelai Jalani Proses Ijab Kabul Suasana prosesi ijab kabul upacara Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman antara BPH Kusumo Kuntonugroho dan Laily Annisa Kusumastuti pada Rabu (10/1/2024) di Kagungan Dalem (KD) Masjid Agung sekitar pukul 08.30 WIB. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kedua mempelai upacara Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman BPH Kusumo Kuntonugroho dan Laily Annisa Kusumastuti menjalani proses ijab kabul pada Rabu (10/1/2024) di Kagungan Dalem (KD) Masjid Agung sekitar pukul 08.30 WIB. 

Prosesi ini merupakan salah satu acara inti dari Dhaup Ageng atau pernikahan putera bungsu KGPAA Paku Alam X dan G.K.B.R.Ay.A Paku Alam X yang telah dimulai sejak beberapa waktu lalu dengan serangkaian upacara adat. 

Advertisement

BACA JUGA : Dhaup Ageng, Ini Denah Pengalihan Arus Lalu Lintas yang Disiapkan Polresta

Urusan Pranatan Lampah Kadipaten Pakualaman Mas Ngabehi Citropanambang mengatakan saat pelaksanaan ijab atau akad nikah calon pengantin perempuan berada di pěngulon sementara calon pengantin laki-laki dari KD Gědhong Ijěm lalu berjalan didampingi sesepuh dan sědherek dalěm menuju KD Masjid Agung.

"Pengantin laki-laki dan pengantin perempuan mengenakan busana batik motif Indra Widagda," katanya. 

Pemilihan busana ini sesuai dengan tema besar Dhaup Ageng yakni Manifestasi Kecerdasan Bathara Indra yang menggambarkan sosok pengantin laki-laki yang haus akan ilmu. Semua busana yang dikenakan oleh keluarga inti pengantin dan abdi dalem dirancang oleh G.K.B.R.Ay.A Paku Alam X. 

"Motif ini merupakan motif pertama yang dibuat berdasarkan iluminasi Bathara Indra dalam naskah Sěstradisuhul dan Sěstra Agěng Adidarma," ujarnya. 

BACA JUGA : Dhaup Ageng Pakualaman Digelar mulai 10 Januari, Ini Jalan yang Ditutup dan Dibikin Searah

Adapun yang bertugas sebagai wali nikah adalah Tri Prabowo selaku orang tua dari pengantin puteri dan sebagai saksi adalah K.P.H Jurumartani dan Prof. Sudibyo. 

Prosesi akad nikah berjalan dengan lancar penuh khidmat dan sakral. Setelahnya pukul 10.30 para pengantin akan mengikuti upacara Panggih di Tratag KD Bangsal Sewatama. Prosesi ini disertai tampilan Durbala Singkir. Durbala Kekuatan Jahat dan Singkir Singkir yang dimaknai sebagai penyingkiraan kekuatan jahat sehingga mendapatkan keselamatan berkat kasih Tuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kunker Jokowi Diduga karena Menghindari Demo Hari Buruh, Istana Bilang Begini

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement