Advertisement

Warga Sleman Catat, Ini Jadwal Imunisasi Polio di Sleman

Catur Dwi Janati
Kamis, 11 Januari 2024 - 20:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Warga Sleman Catat, Ini Jadwal Imunisasi Polio di Sleman Vaksinasi anak - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebagai wilayah yang bertetangga dengan Klaten yang tengah menerapkan KLB Polio, imunisasi besar-besaran rencananya akan dilakukan di Kabupaten Sleman dalam waktu dekat.

Kepastian itu dinyatakan langsung Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo pada Kamis (11/1/2024). Orang nomor satu di Sleman itu memastikan pelaksanaan imunisiasi Polio di wilayahnya akan dilakukan dalam waktu dekat.

Advertisement

Langkah imunisasi ini kata Kustini telah sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat untuk Sleman melakukan Sub-Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio ini. "Saya sudah perintahkan dinas kesehatan dan aparat lintas sektoral untuk segera melaksanakan imunisasi ini segera mungkin," tegasnya.

Lebih lanjut Kustini tak mengelak jika Sleman berpotensi terdampak penyebaran Polio. Letak geografis yang berdampingan, membuat langkah monitoring penyakit ini terus dilakukan Pemkab Sleman.

"Kita terus perhatikan perkembangan penyakit ini. Mau tidak mau, semua siaga dan memastikan imunisasi lanjutan ini dilakukan merata ke seluruh anak-anak di Sleman. Agar kebal dan tidak menularkan ke orang lain," imbuhnya.

Baca Juga

Klaten KLB Polio, 149.000 Anak di Sleman Bakal Divaksin

Klaten KLB Penyakit Polio, Dinas Kesehatan Sleman Tingkatkan Kewaspadaan

Dinkes Boyolali Mengebut Imuniasi Polio Seratus Ribu Anak Gegara Kasus Klaten

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Cahya Purnama menambahkan jika pihaknya telah mengumpulkan aparat lintas sektor untuk mendukung pelaksanaan Sub-PIN Polio nanti. Putaran pertama Sub-PIN Polio digelar pada 15-20 Januari 2024 dan putaran kedua pada 19-24 Februari 2024.

Pelaksanaan imunisasi nantinya akan digelar di posyandu, taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Ini dilakukan di seluruh wilayah Sleman yang terdiri dari 86 desa yang tersebar di 17 Kapanewon. Total ada 149.821 yang bakal menjadi sasaran imunisasi.

Adapun vaksin yang digunakan dalam Sub-PIN nantinya kata Cahya berjenis nOPV2. Vaksib ini lanjut Cahya sesuai dengan virus yang menjangkiti pasien anak dalam kasus di Klaten yang merupakan virus polio tipe 2.

"Dengan pemberian vaksin ini, anak-anak akan kebal terhadap virus polio tipe 2 itu serta tidak bisa menularkan ke orang lain," tegasnya.

Sejauh ini cakupan imunisasi inactivated poliovirus vaccine (IPV) di Sleman selama ini telah mencapai 98%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perhatikan! Per 1 Mei 2024 Pengajuan Berkas Kasasi dan PK di MA Wajib Daring

News
| Minggu, 28 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement