Advertisement

Proyek Tol Jogja-Solo di Sleman Capai 21 Persen: Ini Lokasi Pintu Keluar dan Masuknya di Ringroad Trihanggo

Catur Dwi Janati
Jum'at, 12 Januari 2024 - 10:17 WIB
Sunartono
Proyek Tol Jogja-Solo di Sleman Capai 21 Persen: Ini Lokasi Pintu Keluar dan Masuknya di Ringroad Trihanggo Suasana area proyek pembangunan tol Jogja-Solo seksi 2 paket 2.2B Trihanggo-Junction Sleman pada Rabu (2/8/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Proyek tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman  telah menunjukkan perkembangan sesuai perencanaan. Proyek ini bahkan telah mencapai 21 persen dari total keseluruhan perencanaan untuk pembangunan seksi ini.

Pelaksana proyek mulai melakukan pembangunan tiang yang akan menjadi penyangga tol melayang di sepanjang ringroad. Di lokasi Ringroad ini bakal ada satu titik ramp on dan ramp off yang berfungsi untuk keluar masuk para pengguna jalan tol Jogja-Solo.

Advertisement

Humas PT. Adhi Karya Pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2, Agung Murhandjanto mengatakan melihat semua progres yang ada termasuk pelebaran jalan di rung road, saat ini pengerjaan tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman telah mencapai angka 21 persen. "Kami baru 21 persen progres total pengerjaannya," katanya Kamis (11/1/2024).

BACA JUGA : Proyek Tol Jogja-Solo: Ringroad Dibor 30 Meter, Begini Cara Mencegah Lumpur Pengeboran Tidak Meluber ke Jalan

Pembangunan tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman turut melebarkan jalan eksisting ring road di area Trihanggo. Pelebaran ini dilakukan untuk memberikan akses bagi pengendara di sisi utara maupun sisi selatan dari jalan tol melayang. 

Selain kanan-kirinya tetap bisa untuk digunakan lalu lalang kendaraan, tak jauh dari jalan yang dilebarkan akan dibangun ramp on/off Trihanggo yang merupakan akses keluar dan masuk pintu tol Jogja-Solo. Adapun titik pintu keluar masuk tol di kawasan ini tepat berada di depan kampus UTY. Di mana ruas sebelah utara untuk turun dan ruas selatan untuk pengendara naik atau masuk ke jalan tol Jogja-Solo.

"Iya di depan UTY itu yang di sebelah selatan untuk naik yang sebelah utara untuk turun," ujarnya.

Adapun pelebaran jalan di area Ring Road sejak awal memang masuk dalam rencana pembangunan. 

"[Pelebaran jalan] Ring Road kan untuk kepentingan tol. Kalau eksisting yang lainnya itu kebijakan Pemda ataupun yang memiliki jalan. Baik jalan nasional, provinsi atau kabupaten," katanya.

Pelebaran jalan dilakukan sepanjang satu kilometer di sisi utara maupun selatan jalan Ring Road. Rinciannya, pelebaran jalan dimulai sekitar 500 meter di timur simpang empat Kronggahan hingga tikungan Ngawen. Pasalnya sampai tikungan Ring Road Ngawen, jalan tol akan dibangun lurus hingga arah Junction Sleman yang merupakan penghubung antara tol Jogja-Solo dan tol Jogja-Bawen di area Tirtoadi. 

Adapun pelebaran jalan mencakup masing-masing satu meter di sisi utara maupun selatan jalan. Nantinya proyek tol akan memakan jalan selebar 12 meter di ring road untuk pembangunan pilar tol melayang. Lalu sisanya 7,55 meter ke arah Godean dan 7,55 meter ke arah Jombor bisa dilewati kendaraan. Lebar tersebut susah termasuk satu meter pelebaran jalan yang dikerjakan kontraktor.

Dimulai pertengahan Oktober 2023, proyek pelebaran jalan telah selesai di pertengahan Desember tahun lalu. Adanya pelebaran jalan ini membuat pengendara masih tetap bisa melintas ke arah timur maupun barat di area Ring Road Trihanggo. 

Di sisi lain, kebijakan pelebaran jalan eksisting lain barangkali mungkin akan diambul pemerintah setempat. Apalagi bila jalan eksisting yang ada mengalami peningkatan volume kendaraan. Khususnya di pintu-pintu keluar tol. 

BACA JUGA : Proyek Tol Jogja-Solo di Atas Ring Road, Kontraktor Bersiap Melakukan Pengeboran Bore Pile, Begini Prosesnya

"Apakah kalau itu nanti bersinggungan terus secara inisiatif itu jalan provinsi atau jalan kabupaten terus provinsi atau kabupaten melakukan pelebaran ataupun peningkatan kualitas ya monggo," ungkapnya.

Di luar itu, sejauh ini hanya pelebaran jalan ring road yang menjadi satu-satunya jalan eksisting yang dilebarkan. "Sementara kita masih firm pada rencana awal seperti itu [pelebaran jalan ring road]," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement