Advertisement

Pemkab Sleman Belum Berencana Lebarkan Jalan Eksisting Dekat Pintu Tol dan Pilih Fokus untuk Ini

Catur Dwi Janati
Jum'at, 12 Januari 2024 - 21:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pemkab Sleman Belum Berencana Lebarkan Jalan Eksisting Dekat Pintu Tol dan Pilih Fokus untuk Ini Proses pembangunan jalan alternatif Sleman ke Gunungkidul di ruas jalan Prambanan-Gayamharjo dan Gayamharjo-Gading yang terhubung dengan Exit Tol Jogja Solo di Bokoharjo, Prambanan. Abdul Hamid Razak - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman belum berencana memperbaiki atau melebarkan jalan di ruas jalan yang bersinggungan dengan Tol Jogja-Solo. Langkah pelebaran baru akan diambil kemudian hari jika tindakan tersebut dinilai dibutuhkan. 

"Enggak ada sementara ini, belum ada rencana [pelebaran jalan]," terang Kepala Bidang Bina Marga DPUPKP Sleman, Zaini Anwar pada Jumat (12/1/2024).

Advertisement

Di Sleman sendiri setidaknya bakal ada empat Ramp On/Off dan tiga Interchange (IC). Empat Ramp On/Off Dalam basic design terakhir meliputi ramp On/Off Maguwo, ramp On/Off UPN, ramp On/Off Monjali dan ramp On/Off Trihanggo. Ramp On/Off sendiri merupakan segmen untuk masuk dari jalan umum ke bidang jalan utama tol (On) atau keluar dari bidang jalan utama tol (Off) menuju jalan umum. 

Sementara IC merujuk pada simpang susun yang merupakan persimpangan jalan tidak sebidang. Tiga IC yang ada DI sleman mencakup IC Prambanan, IC Purwomartani dan IC Gamping. 

Baik ramp maupun IC digunakan pengendara untuk masuk dan keluar dari jalan tol. Meski bakalan memiliki sejumlah akses keluar masuk tol, hingga kini belum ada rencana pelebaran jalan existing Sleman di sekitar pintu tol. 

Baca Juga

Proyek Tol Jogja-Solo di Sleman Capai 21 Persen: Ini Lokasi Pintu Keluar dan Masuknya di Ringroad Trihanggo

Proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2, Ring Road Jadi Satu-satunya Jalan Eksisting yang Dilebarkan

Progres Pengerjaan Tol Jogja-Solo Ruas Trihanggo-Junction Sleman Capai 21 Persen

Menurut Zaini belum ada hal yang mendasari harus melakukan pelebaran jalan eksisting saat ini. Kegiatan peningkatan maupun pelebaran jalan diarahkan sesuai dengan perencanaan tahunan yang sudah ada. Yakni perbaikan akses-akses jalan untuk menopang aksesibilitas kesehatan, pendidikan, wisata hingga ekonomi warga.  

"Kalau yang di Sleman belum ada kegiatan yang menyokong exit-exit tolnya belum ada. Kegiatan lebih ke reguler kita yang sudah direncanakan setiap tahunnya," tandasnya.   

Kendati demikian Zaini tak menutup kemungkinan kegiatan pelebaran jalan milik kabupaten di area pintu tol akan dilakukan bila terjadi kenaikan volume kendaraan, antrean panjang atau parameter lainnya. 

"Nanti [pelebaran] dipertimbangkan di kemudian hari. Sekarang belum ada," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement