Advertisement

Dinkes Kota Jogja Gelar Vaksinasi Covid-19, Calon Jemaah Haji Disasar

Alfi Annisa Karin
Rabu, 17 Januari 2024 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Dinkes Kota Jogja Gelar Vaksinasi Covid-19, Calon Jemaah Haji Disasar Gelaran vaksinasi Covid-19 di RS Pratama beberapa waktu lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja kembali memberikan fasilitasi vaksin booster Covid-19 yang kali ini menyasar para calon jemaah haji. Kegiatan ini digelar di RS Pratama pada Senin lalu (15/1/2024).

Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Jogja, Endang Sri Rahayu menuturkan selain calon jemaah haji, ada juga kuota untuk masyarakat umum. Sebelumnya, peserta vaksin diminta untuk mendaftar melalui link yang telah disediakan. "Menyasar sekitar 200 orang dari masyarakat yang sudah mendaftar dan calon jamaah haji di Kota Jogja," kata Endang, Rabu (17/1/2024).

Advertisement

Dia mengatakan ada beberapa kalangan yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 secara gratis. Mulai dari lansia berusia 60 tahun ke atas, tenaga kesehatan, ibu hamil, dan masyarakat yang memiliki komorbid.

Orang yang mempunyai immunocompromise atau sakit berat terkait dengan penurunan daya tahan tubuh juga menjadi prioritas. Sementara, masyarakat lainnya tetap bisa mengakses vaksin Covid-19 dengan berbayar.

"Sesuai petunjuk teknis terbaru terkait dengan kebijakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dibagi dua yaitu imunisasi program dan pilihan. Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/2193/2023. Untuk imunisasi Covid-19 program tidak berbayar atau gratis," jelasnya.

BACA JUGA: Dinas Kesehatan DIY Diminta Mempercepat Vaksinasi Polio di Sleman

Endang mengatakan, vaksinasi booster Covid-19 masih penting untuk diakses masyarakat. Ini untuk menjaga kekebalan tubuh. Apalagi, beberapa waktu terakhir angka Covid-19 terpantau naik lagi di beberapa daerah.

"Saat ini ada sekitar 33 kasus aktif Covid-19 di Kota Jogja dengan kondisi gejala ringan. Masyarakat juga diharapkan untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah Covid-19," imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2.086 Hektare Lahan di IKN Bermasalah, AHY: Kami Komunikasikan dengan DPR

News
| Sabtu, 27 April 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement