Advertisement

Ada Siklon Tropis Anggrek, Potensi Cuaca Ekstrem Membayangi Wilayah DIY

Catur Dwi Janati
Kamis, 18 Januari 2024 - 11:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Ada Siklon Tropis Anggrek, Potensi Cuaca Ekstrem Membayangi Wilayah DIY Foto ilustrasi cuaca buruk dampak siklon anggrek. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Usai dilanda Siklon Tropis Jelawat yang terjadi pertengahan Desember lalu, kini giliran Siklon Tropis Anggrek yang menyambangi wilayah Indonesia.

Berbeda dengan Siklon Tropis Jelawat yang menarik awan hujan menjauh ke wilayah DIY, keberadaan Siklon Tropis Anggrek justru meningkatkan pertumbuhan awan hujan hingga berpotensi menimbulkan cuaca ekstrem.

Kepala Stasiun Meteorologi Jogjakarta, Warjono mengungkapkan Siklon Tropis Anggrek akan berdampak tidak langsung  pada cuaca di DIY selama 24 jam ke depan. Pada aspek hujan misalnya, Siklon Tropis Anggrek berptensi menimbulkan hujan sedang hingga lebat yang turut disertai petir dan angin kencang di seluruh wilayah DIY. 

Advertisement

BACA JUGA: Peringatan Dini Gangguan Cuaca di DIY, BMKG: Waspadai Hujan Lebat, Petir dan Angin Kencang serta Gelombang Tinggi di Pesisir Selatan

"Potensi tinggi gelombang 2.5-4.0 meter (Rough Sea) di Samudera Hindia selatan Jawa dan perairan selatan Jogjakarta," jelas Warjono pada Kamis (18/1/2024).

Dampak-dampak tidak langsung yang harus diwaspadai. Pasalnya Siklon Tropis Anggrek tidak menimbulkan dampak secara langsung. 

"Sekali lagi mohon ditekankan tentang dampak tidak langsung dari Siklon Tropis Angrek, karena dampak secara langsung tidak ada," tegasnya. 

Diprediksi Warjono, dalam 24 jam ke depan posisi Siklon Tropis Anggrek akan berada di Samudera Hindia sekitar 1300 kilometer barat daya Bengkulu. Siklon diprediksi akan bergerak ke bawah selatan dengan kecepatan 4 knots per jam menjauhi wilayah Indonesia. 

"Berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini, Siklon Tropis Anggrek menyebabkan dampak tidak langsung berupa adanya wilayah konvergensi di wilayah Jawa," katanya.

BACA JUGA: Jadwal Pemadaman Listrik di Wilayah DIY Hari Ini, Jumat 18 Januari 2024 Mulai Pukul 10.00 WIB

Keonvergensi atau pertemuan massa udara di wilayah Jawa ini lanjut Warjono yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa. Khususnya pertumbuhan awan hujan di wilayah DIY.   

Mengingat dampak tidak langsung yang dapat ditimbulkan oleh Siklon Tropis Anggrek, Stasiun Meteorologi Jogjakarta mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem. Masyarakat lanjut Warjono diharap memperbarui informasi terkait cuaca terkini melalui media massa maupun media sosial resmi BMKG.

"Potensi cuaca ekstrem yang dapat berdampak terjadinya longsor, banjir, banjir bandang, serta merupakan akibat sambaran kilat atau petir dan angin kencang," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus Rombongan SMK Depok Kecelakaan di Subang, Korban Bergelimpangan di Jalan

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement