Advertisement

Hujan Seharian di Jogja, BPBD DIY Catat Sejumlah Kejadian Terjadi di DIY

Yosef Leon
Jum'at, 19 Januari 2024 - 11:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Hujan Seharian di Jogja, BPBD DIY Catat Sejumlah Kejadian Terjadi di DIY Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi di hampir seluruh DIY pada Kamis (18/1/2024) lalu mengakibatkan sejumlah kejadian di wilayah setempat. 

BPBD DIY mencatat sampai dengan Jumat (19/1/2024) pukul 06.30 WIB tercatat ada beberapa kejadian di Sleman, Bantul, Kulonprogo dan Gunungkidul akibat hujan yang berlangsung seharian kemarin. 

Advertisement

Kabid Penanganan Darurat dan Damkarmat BPBD DIY Lilik Andi Aryanto mengatakan di Sleman pihaknya mencatat ada dua wilayah yang terdampak yakni Pakem dan Cangkringan berupa pohon tumbang (4 titik), akses jalan (2 titik) dan rumah rusak (2 unit). 

"Di Bantul wilayah yang terdampak ada di Banguntapan berupa pohon tumbang (1 titik), akses jalan (1 titik) dan jaringan listrik (1 titik)," katanya Jumat (19/1/2024). 

Baca Juga

Hujan Disertai Angin Selama Seharian Sebabkan 11 Kejadian Pohon Tumbang di Bantul

Dampak Siklon Tropis Anggrek, Sejumlah Pohon di Wilayah Sleman Tumbang

Pangkas Pohon Rawan Tumbang, DLH Sleman Terjunkan 2 Tim

Sementara di Gunungkidul wilayah yang terdampak ada di Semanu, Wonosari, Playen, Paliyan dan Karang Mojo dengan kejadian berupa pohon tumbang (6 titik), akses jalan (4 titik), jaringan listrik (2 titik) dan rumah rusak (2 titik). 

Terakhir di Kulonprogo Panjatan dan Lendah menjadi wilayah yang terdampak akibat hujan kemarin. Dampaknya berupa pohon tumbang (2 titik), akses jalan (2 titik), dan jaringan listrik (1 titik). 

Lilik menyebut masyarakat diminta untuk memperhatikan peringatan dini dan informasi cuaca untuk peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Warga juga diminta untuk melakukan pemangkasan pohon lapuk dan cabang berlebih yang berpotensi mengancam jika terjadi angin kencang. 

"Jika terjadi hujan deras disertai angin kencang dan petir, diharapkan untuk menghindari pohon besar, tiang listrik, baliho, daerah rawan longsor dan Daerah Aliran Sungai," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Saat Singapore Airlines Turbulensi, Penumpang Terpental Hingga Bagasi Kabin

News
| Rabu, 22 Mei 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement