Advertisement

Caleg DPR RI Partai Golkar Rizal Rinaldi Menyalurkan Bantuan Air Bersih ke Gunungkidul

Media Digital
Rabu, 24 Januari 2024 - 19:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Caleg DPR RI Partai Golkar Rizal Rinaldi Menyalurkan Bantuan Air Bersih ke Gunungkidul Tim relawan Calon legislatif (caleg) DPR RI dapil DIY nomor urut 4 dari partai Golkar Rizal Rinaldi saat menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Gunungkidul akhir tahun lalu. Istimewa

Advertisement

JOGJA—Calon legislatif (caleg) DPR RI dapil DIY dari partai Golkar Rizal Rinaldi menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Gunungkidul. Bantuan sebanyak 28 tanki itu disalurkan secara maraton sepekan penuh pada Oktober dan November 2023 lalu di Kalurahan Jepitu, Kapanewon Girisubo dan Padukuhan Widoro, Kalurahan Bendung, Kapanewon Semin. 

Rizal menyatakan bantuan itu dilaksanakan lantaran akhir tahun lalu dampak El Nino sangat dirasakan di sejumlah wilayah DIY terutama Gunungkidul. Kemarau panjang yang melanda mengakibatkan sebagian wilayah di Gunungkidul mengalami kekeringan sehingga butuh bantuan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari warga. 

Advertisement

"Di Jepitu dan Widoro itu kami melalui jaring sukarelawan menyalurkan 28 tanki air seminggu secara rutin," katanya, Rabu (24/1/2024). 

Menurut caleg nomor urut 4 itu, selain dampak kemarau panjang kekurangan air bersih di sebagian wilayah Gunungkidul disebabkan oleh kurangnya debit air yang disalurkan melalui PDAM ke beberapa tempat. Infrastruktur PDAM di lokasi tersebut memang sudah ada dan dilengkapi dengan masuknya pipa-pipa ke sejumlah titik, tetapi di musim kemarau debit air yang disalurkan kecil.

"Mungkin awalnya survei tidak merata. Harus ada bantuan dan pemetaan wilayah, air itu di mana saja, ketika ada wilayah dengan ketersediaan air banyak itu bisa jadi sumber air dan bisa disalurkan ke wilayah kering," katanya. 

Baca Juga

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Dipanggil KPK sebagai Saksi

Tok! DPR Sahkan Perppu Cipta Kerja Jadi Undang-Undang

Revisi Undang-Undang IKN Disahkan DPR dalam Rapat Paripurna DPR

Menurut Rizal, sebenarnya wilayah pesisir selatan Gunungkidul seperti Panggang sampai Girisubo mempunyai ketersediaan air yang cukup. Beda halnya dengan wilayah utara semacam Semin dan Nglipar yang minim. Selain itu upaya pengeboran tanah juga harus sangat dalam atau lebih dari 100 meter ke bawah jika ingin mendapatkan air bersih, tapi biayanya sangat mahal.

"Maka dari itu ketika saya nanti diberi amanah untuk menjadi anggota dewan ini akan jadi salah satu prioritas saya. Bagaimana kekeringan diatasi juga mengembangkan kawasan selatan agar ekonominya tumbuh," jelasnya.

Rizal menambahkan potensi kekayaan alam Gunungkidul sangat besar dan bisa dijadikan peluang untuk mengentaskan kemiskinan dan memberdayakan masyarakat setempat. "Apalagi JJLS sudah tersambung dari Parangtritis ke Jateng sudah ada untuk mengembangkan wisata ke pesisir selatan cuma sayang belum dilewati oleh trayek bus reguler," katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement