Advertisement

Bukan Kampanye, Mahfud MD Tegaskan ke Halaqoh dan Dialog Kebangsaan di Bantul Sebagai Menko Polhukam

Jumali
Rabu, 24 Januari 2024 - 21:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Bukan Kampanye, Mahfud MD Tegaskan ke Halaqoh dan Dialog Kebangsaan di Bantul Sebagai Menko Polhukam Calon wakil Presiden RI nomor urut 03 Mahfud MD saat menjadi pembicara dalam Halaqoh dan Dialog Kebangsaan di Pondok Pesantren An Nur, Ngrukem, Pendowoharjo. Sewon, Bantul, Rabu (24/1/2024) siang. - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Calon wakil Presiden RI nomor urut 03 Mahfud MD memilih menjadi pembicara dalam Halaqoh dan Dialog Kebangsaan di Pondok Pesantren An Nur, Ngrukem, Pendowoharjo. Sewon, Bantul, Rabu (24/1/2024) siang.

Pada gelaran tersebut, Mahfud MD mengklaim jika kehadirannya di acara tersebut bukan untuk berkampanye sebagai calon wakil presiden.

Advertisement

Akan tetapi sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Republik Indonesia.

“Saya datang kesini bukan untuk berkampanye. Karena kan juga tidak ada atribut kampanye. Saya datang sebagai Menko Polhukam. Dan kegiatan ini biasa saya lakukan saat saya menjadi Menko Polhukam,” kata Mahfud di depan peserta Halaqoh dan Dialog Kebangsaan.

Baca Juga

Mahfud MD Ingin Mundur dari Kabinet, Begini Tanggapan Jokowi

Mahfud MD Mengonfirmasi Bakal Mundur sebagai Menko Polhukam

Jokowi Sebut Presiden Boleh Memihak dan Ikut Kampanye, Ini Komentar Mahfud MD

Sebagai Menko Polhukam, lanjut Mahfud, dirinya bertanggungjawab menjaga stabilitas politik, perekonomian, hukum dan keamanan.  “Oleh karena itu, saya akan lebih banyak bicara mengenai menjaga kesatuan bangsa dan negara,” lanjutnya.

Sementara pengasuh Pondok Pesantren An Nur, Ngrukem, Pendowoharjo. Sewon, Bantul, KH. Yasin Nawawi juga mengungkapkan jika kehadiran Mahfud MD pada Halaqoh dan Dialog Kebangsaan yang digelar pihaknya adalah sebagai Menko Polhukam.

“Karena disini 100 persen akan memilih beliau. Kami melihat sifat Gusdur melekat pada Mahfud MD. Beliau jujur, tegas, berani dan disiplin. Ini alasan kami mendukung beliau,” katanya.

Sementara dalam uraiannya, Mahfud lebih banyak menceritakan mengenai perjalanannya menjadi menteri sejak era Presiden Gusdur. Selain itu, Mahfud juga menekankan jika menjadi pemimpin adalah dipilih bukan hasil pengajuan diri menjadi pemimpin.

“Pemimpin bukan minta jabatan, saya tidak pernah meminta jabatan. Tapi, ketika diminta dan insyallah siap ya silakan maju saja,” ungkap Mahfud.

Selain itu, Mahfud juga mengungkapkan mengenai penegakan hukum, salah satunya perkara di pengadilan. Di mana, Mahfud melihat saat ini masalah keputusan pengadilan yang bisa dibeli. “Ini memang salah satu problem kita. Nampak yang tak punya uang bisa kalah,” ucap Mahfud.

Terpisah, Ketua Bawaslu Bantul Didik Joko Nugroho mengatakan, jika Mahfud MD mau melakukan kampanye sebagai calon wakil presiden dengan metode kampanye tertutup di Pondok Pesantren An Nur, Ngrukem, Pendowoharjo. Sewon, Bantul, diperbolehkan. Meskipun, pada Rabu (24/1/2024) merupakan jatah kampanye bagi pasangan calon presiden nomor 02, Prabowo-Gibran.

“Karena yang diatur kemarin itu hanya kampanye dalam bentuk rapat akbar ataupun rapat umum. Memang hari ini jatah untuk rapat akbar ataupun rapat umum adalah untuk paslon 02, tapi pasangan lain diperbolehkan kampanye dengan metode rapat terbatas,” ucap Didik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gerindra Usul 4 Kader Jadi Kandidat Cagub DKI Jakarta, 2 di Antaranya Keponakan Prabowo

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement