Advertisement

Dongkrak Kunjungan Jumlah Wisatawan, Dispar Gunungkidul Usulkan Perbaikan dan Pelebaran Jalan

Newswire
Kamis, 25 Januari 2024 - 11:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dongkrak Kunjungan Jumlah Wisatawan, Dispar Gunungkidul Usulkan Perbaikan dan Pelebaran Jalan Ilustrasi perbaikan jalan. - Pixabay/Joshua Woroniecki

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul mengusulkan 17 titik perbaikan 17 jalan menuju objek wisata kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Upaya ini diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan.

Kabid Pengembangan Destinasi Dispar Gunungkidul Supriyanta mengatakan berdasarkan evaluasi 2023 bahwa dengan skala prioritas, dispar mengusulkan 17 ruas jalan khususnya menuju kawasan destinasi pariwisata supaya diperbaiki. "APBD yang ada tidak memadai, usulan tersebut masih diajukan ke Kementerian PUPR," kata Supriyanta, Kamis (25/1/2024)

Advertisement

Ia mengatakan Dispar juta juga mengusulkan pelebaran jalan. Dengan perbaikan dan pelebaran jalan tersebut, diharapkan kunjungan wisatawan meningkat, sehingga mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) di sektor wisata.

Baca Juga

Ini Sejumlah Ruas Jalan di Gunungkidul Rusak dan Butuh Perbaikan

7 Jalan Rusak di Gunungkidul Diperbaiki dengan Dana Rp55 Miliar, Ini Daftar Lokasinya

Jalan Rusak Wisata Jeglongan Seribu di Gunungkidul Diperbaiki Tahun Ini

Selain peningkatan PAD, Supriyanta mengatakan dengan perbaikan jalan tersebut maka dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. “Selain dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata yang berdampak terhadap PAD sektor Pariwisata, juga mempermudah dan mempercepat menuju destinasi pariwisata Gunungkidul,” katanya.

Saat ini, sektor pariwisata di Gunungkidul berkembang pesat. Selain itu, menjadi tujuan utama bagi wisatawan yang mau berlibur ke pantai. "Hal ini perlu dukungan infrastruktur jalan yang memadai," kata Supriyanta.

Sementara itu, Kabid Bina Marga DPUPRKP Wadiyana mengatakan pihaknya telah mengusulkan perbaikan tersebut ke Kementerian PUPR. Hal itu dilakukan karena sejumlah anggaran daerah dipangkas untuk Pilkada 2024. "Kemampuan APBD tidak cukup. Untuk itu, kami usulkan ke Kementerian PUPR," katanya.

Adapun 17 akses jalan yang diusulkan diperbaiki, diantaranya ruas jalan Pulegendes-Pantai Krakal, Ruas Jalan JJLS-Pantai Watukodok, dan Ruas Jalan Wediombo-Pantai Jungwook. "Kami masih menunggu kepastian perbaikan jalan mana saja yang disetujui. Kami juga melengkapi data usulan tersebut," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

12 Pesawat Tempur China Terbang Rendah di Wilayah Taiwan

News
| Sabtu, 27 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement