Advertisement

Kereta Cepat Whoosh Bakal sampai Jogja, Ini Tanggapan Pemda DIY

Yosef Leon
Jum'at, 26 Januari 2024 - 19:17 WIB
Maya Herawati
Kereta Cepat Whoosh Bakal sampai Jogja, Ini Tanggapan Pemda DIY Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim. - JIBI/Dok. KCIC

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintahan Pusat berencana memperpanjang jalur kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung sampai ke Surabaya. Untuk tahap pertama jalur kereta cepat itu akan ditambah sampai ke Jogja. Pemda DIY menyambut baik rencana ini dan menilai bakal mempercepat lalu lintas manusia ke wilayahnya.

"Ya mudah-mudahan itu bisa, tetapi saya juga ga tau ya karena tidak terlibat secara langsung terkait dengan program itu, ya mudah-mudahan bisa semakin mempercepat lalu lintas kemudian orang mau beralih," kata Plh Kepala Dinas Perhubungan DIY Sumariyoto, Jumat (26/1/2024).

Advertisement

Oyot, sapaan akrabnya mengatakan, pembangunan moda kereta api merupakan salah satu transportasi publik yang harus didukung lantaran punya jalur sendiri dan tidak terganggu dengan moda lainnya. Meskipun ada sisi positif dan negatifnya, tetapi pemerintah perlu menyiasati dengan cermat agar proyek itu banyak peminat.

BACA JUGA: Pemkot Jogja Kampanye Anti Kekerasan Lewat Peluncuran Film Kecce

"Negatifnya Jogja sebagai tujuan wisata mungkin cuma hanya lewatan saja, makanya yang perlu disiasati adalah mereka yang bertujuan wisata ke Jogja akan lebih cepat. Kami juga harus sediakan layanannya, baik merangkul pihak jasa wisata dan lain-lain, itu menurut saya yang positif," katanya.

Oyot menambahkan sampai sekarang belum menerima informasi resmi soal perpanjangan jalur kereta cepat itu sampai ke Jogja. Meskipun Pemerintah Pusat telah membuka lelang untuk kajian kelayakan terhadap rencana itu.

"Kebetulan pemda itu kewenangannya hanya di kereta regional, kalau itu kan full dari pusat. Iya semua langsung dari sana. Sampai sekarang belum ada komunikasi, kebanyakan kami hanya tahu dari media," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Loh Penampakan Rumah Mewah Syahrul Yasin Limpo yang Disita KPK

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement