Advertisement

Rakyat Impikan Pemimpin yang Kedepankan Kepentingan Bangsa, Bukan Pribadi dan Keluarga

Media Digital
Jum'at, 26 Januari 2024 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Rakyat Impikan Pemimpin yang Kedepankan Kepentingan Bangsa, Bukan  Pribadi dan Keluarga Eko Suwanto (dua kiri), Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan. / ist

Advertisement

JOGJA—Perundingan Linggarjati antara pemerintah Indonesia dan Belanda memiliki makna khusus dalam kepemimpinan yaitu Bung Karno, Bung Hatta dan para delegasi Indonesia menampilkan wajah kepemimpinan yang lebih mendahulukan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan keluarga.

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan Yogyakarta menyatakan sikap pemimpin model  Soekarno dan Hatta penting jadi teladan bagi generasi masa kini.

Advertisement

BACA JUGA: Hujan Deras dan Angin Kencang Melanda Sleman, Satu Orang Meninggal Dunia

"Sikap pemimpin seperti Soekarno, Hatta, Roem, Syahrir, AK Gani dan Susanto serta Maria Ulfa penting jadi teladan bagi generasi masa kini. Mereka piawai dalam bernegosiasi untuk pengakuan kemerdekaan Indonesia bebas dari penjajah Belanda," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Jumat, (26/1/2024).

Eko Suwanto menyatakan di sela-sela kunjungan ke Museum Linggarjati di Kuningan Jawa Barat, keteladanan atas sikap pemimpin model tokoh pejuang kemerdekaan perlu dijadikan contoh bagi generasi masa sekarang.

"Peristiwa Linggarjati, jejak sejarahnya memiliki pelajaran penting bagaimana keputusan-keputusan delegasi Indonesia, Soekarno dan tokoh bangsa lainnya berhasil ambil  putusan bidang militer seperti penolakan terhadap usulan penghapusan dan pelemahan tentara RI karena dapat melemahkan pemerintahan RI sendiri dikerjakan," kata Eko Suwanto, politisi muda PDI Perjuangan. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenhub Bakal Cabut Izin PO Bus yang Kecelakaan di Subang Jika Melanggar

News
| Senin, 13 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement