Advertisement

Wacana Pembangunan Museum Keistimewaan Jogja, Ini Komentar Komisi A DPRD DIY

Yosef Leon
Senin, 29 Januari 2024 - 17:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Wacana Pembangunan Museum Keistimewaan Jogja, Ini Komentar Komisi A DPRD DIY Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto saat menerangkan soal wacana pembangunan Museum Keistimewaan Senin (29/1/2024). Harian Jogja - Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Komisi A DPRD DIY mewacanakan pembangunan Museum Keistimewaan di wilayah setempat sebagai salah satu daya tarik wisata dan sumber pengetahuan bagi generasi muda. 

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan beberapa museum dan monumen sebenarnya sudah berdiri di Jogja untuk mengenang sejarah keistimewaan DIY. Salah satunya berada di Selomartani, Sleman berupa monumen Pelataran. 

Advertisement

"Inilah yang kemudian penting untuk menjadi pemikiran bersama agar pemda untuk kemudian melahirkan museum-museum yang bisa menjadi dudukan menjadi tempat tujuan bagi yang pertama rekreasi keluarga yang ada di Jogja sendiri kemudian yang kedua menjadi tempat tujuan bagi para wisatawan," kata Eko, Senin (29/1/2024). 

Eko menambahkan dengan kehadiran Museum Keistimewaan nantinya ada alternatif wisata di Jogja selain pantai, pegunungan dan juga kuliner. Selain itu Museum Keistimewaan itu nantinya juga busa menjadi bahan pembelajaran bagi generasi Z.  

"Bagi adik-adik kita yang masih SMA ini juga ingin tahu dulu itu lahirnya Undang-undang keistimewaan ini gimana, belum semua tahu loh," ujarnya. 

Baca Juga

Mendekatkan Museum Pada Masyarakat dengan Jogja Museum Expo

Tarik Minat Kaum Muda, Koleksi Museum Akan Dipamerkan di Pusat Perbelanjaan

Museum Belum Menjadi Kunjungan Utama Wisatawan, Kenapa?

Dinas Kebudayaan, kata Eko harus mengundang berbagai lembaga, para sejarawan dan periset jika ingin museum ini terwujud. Bangunannya tidak perlu terlalu besar tetapi memuat sejumlah koleksi seputar perjalanan keistimewaan Jogja secara lengkap. 

"Mungkin hanya rumah saja yang di situ kemudian punya punya koleksi sejarah lengkap. Ke depan kita akan undang Dinas Kebudayaan dan Paniradya Kaistimewan untuk membicarakan rencana ini," kata Eko. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bupati Sidoarjo Akhirnya Ditahan KPK

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement