Advertisement

Bapanas Janji Stop Impor Beras saat Panen Raya

David Kurniawan
Senin, 29 Januari 2024 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Bapanas Janji Stop Impor Beras saat Panen Raya Ilustrasi beras impor - ist - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Pangan Nasional (Bapanas)berjanji tidak akan mengimpor beras pada saat masa panen. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi di sela-sela kegiatan penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah di Gudang Bulog Purwomartani di Kapanewon Kalasan, Sleman, Senin (29/1/2024).

“Tidak akan mengulang lagi. Beras impor akan disetop saat panen raya,” kata Arief. Menurut dia, kedatangan Presiden Jokowi tidak hanya untuk menyalurkan beras bantuan. Namun juga untuk melihat ketersediaan stok di gudang-gudang Bulog, salah satunya di Purwomartani, Kalasan, Sleman dan di seluruh Indonesia.

Advertisement

Sesuai dengan instruksi, Bapanas diminta segera menggelontorkan beras komersial ke Masyarakat sekitar 200.000 ton. Adapun untuk  bantuan beras yang disalurkan mencapai 1,2 juta ton.

“Kami memiliki waktu hingga dua bulan ke depan hingga memasuki panen raya. Harapannya dengan program ini bisa mengganjal sampai panen bisa di atas 3,5 juta ton,” katanya.

Menurut dia, pada Maret, BPS sudah menyerahkan Kerangka Survei Area (KSA) hasil panen di atas 3,5 juta ton. Hal ini diperkirakan melebihi kebutuhan nasional sebanyak 2,5 juta ton.

BACA JUGA: Pemerintah Siapkan hingga Belasan Triliun Bansos Menjelang Pemilu, Ini Rinciannya

“Impor disetop saat panen raya, Dimana Bulog sudah siap dengan stok di atas 1 juta ton. Kemudian masih bisa ditambah dengan penyerapan dari petani sehingga harganya tetap baik,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyalurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah kepada ratusan penerima manfaat di Gudang Bulog Purwomartani di Kalurahan  Purwomartani, Kalasan, Sleman, Senin (29/1/2024). Ia memastikan bantuan akan diberikan hingga enam bulan ke depan.

Dia menjelaskan, bantuan yang diberikan di seluruh Indonesia menyasar 22 juta keluarga penerima manfaat. Adapun tujuan diberikan bantuan karena harga beras yang mengalami kenaikan.

Di sisi lain, sambung dia, 22 negara yang mengimpor beras ke Indonesia sekarang menyetop tidak menjual lagi. Hal ini dikarenakan negara-negara tersebut memilih untuk menyiapkan stok beras guna mencukupi kebutuhan pangan bagi warganya.  “Dipakai sendiri di negara masing-masing, sehingga kita [Indonesia] tidak bisa membelinya,” kata Jokowi.

Ia berharap, sulitnya membeli beras dari luar negeri harus menjadi Pelajaran. Oleh karenanya, ia meminta kepada para petani untuk bisa meningkatkan produktivitas pertanian sehingga harga beras tidak naik.

“Kalau produktivitas turun, maka harga naik dikarenakan tidak bisa mencukupi permintaan. Ini kejadian di semua negara, oleh sebab itu, rakyat dibantu dengan bantuan beras sepuluh kilogram,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement