Advertisement

BPBD DIY: Hujan dan Angin Kencang Sebabkan Tanah Longsor di Gunungkidul

Yosef Leon
Kamis, 01 Februari 2024 - 06:37 WIB
Abdul Hamied Razak
BPBD DIY: Hujan dan Angin Kencang Sebabkan Tanah Longsor di Gunungkidul Tanah Longsor / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—BPBD DIY menyatakan hujan deras dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah setempat menyebabkan bencana tanah longsor yang paling banyak terjadi di Gunungkidul, Rabu (31/1/2024). 

Kepala Bidang Penanganan Darurat dan Damkarmat BPBD DIY Lilik Andi Aryanto mengatakan, data sampai dengan pukul 19.00 WIB tanah longsor terjadi di sejumlah titik dan menyebabkan satu korban luka ringan.

Advertisement

"Korban tertimpa almari akibat longsoran menimpa bangunan rumah yang roboh total di Jetis, Hargomulyo, Gedangsari, Gunungkidul. Sekarang sudah dilakukan perawatan medis," katanya.

BACA JUGA: Belasan Rumah di Sleman Terendam Banjir, Longsor Terjadi di Prambanan hingga Godean

Lilik menyampaikan, selain di Hargomulyo, Gedangsari, bencana tanah longsor itu juga terjadi di Gedangan RT 01 / 01 Hargomulyo, Gedangsari yang menyebabkan rumah warga rusak ringan.

Selanjutnya di Glompong RT 03 / 09 Pengkol, Nglipar tanah longsor berdampak pada talut pekarangan rumah dan mengancam bangunan rumah sementara pemilik. Keluarga saat ini mengamankan diri ke tetangga.

Di Glompong RT 04 / 09 Pengkol, Nglipar, tanah longsor membuat tebing pekarangan rumah terdampak dan mengancam bangunan rumah, material longsor masuk area teras rumah. Kemudian di Selonjono RT 02 / 07 Sawahan, Ponjong talut pekarangan rumah longsor dan material masuk area jalan kalurahan.

BACA JUGA: Perlindungan Tenaga Kerja, Penderes di Kokap Peroleh Jaminan Kematian

Sementara di Gentungan RT 02 / 06 Karangmojo, Karangmojo talut pekarangan rumah mengalami longsor, kemudian di Sambirejo RT 02 / 08 Sawahan, Ponjong talut batu kosong pekarangan rumah mengalami longsor dan penanganan sementara dengan bekas longsor ditutup terpal.

"Selanjutnya di akses jalan Dusun Karang RT 31 / Ngalang, Gedangsari tebing longsor menutup akses jalan kalurahan, penanganan sementara petugas telah memasang rambu-rambu," kata Lilik.

Lilik mengimbau kepada warga untuk memperhatikan peringatan dini dan informasi cuaca terkini serta meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Jika terjadi hujan deras disertai angin kencang untuk menghindari pohon besar, tiang listrik, baliho, daerah rawan longsor dan Daerah Aliran Sungai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Kedaulatan Palestina, Beberapa Negara Uni Eropa Bakal Deklarasi Bareng

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement