Advertisement

Begini Hasil Penelusuran Kejati DIY Terkait Viral Snack Pelantikan KPPS Sleman

Sunartono
Kamis, 01 Februari 2024 - 21:17 WIB
Sunartono
Begini Hasil Penelusuran Kejati DIY Terkait Viral Snack Pelantikan KPPS Sleman Snack pelantikan KPPS Sleman. - Instagram.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kejati DIY telah melakukan penelurusan terkait informasi viral pengadaan snack saat pelantikan KPPS Sleman. Kejaksaan memastikan informasi tersebut benar adanya, namun belum menemukan adanya indikasi yang mengarah ke penyimpangan.

Kasi Penkum Kejati DIY Herwatan menjelaskan dari hasil penelusuran tim ke lapangan, hasilnya bahwa memang benar adanya terkait snack pelantikan KPPS yang hargnya hanya Rp2.500 untuk 24.199 pesanan. Hal itu memang tidak sesuai kesepakatn yang dijalin antara KPU Sleman dengan vendor, dalam hal ini Jujur Kinaryo Projo. Di mana anggaran per orang ditetapkan Rp15.000 setiap kotak snack untuk 24.199 orang dengan spesifikasi empat macam snack.

Advertisement

BACA JUGA : Uang Transportasi untuk KPPS Sleman Mulai Disalurkan PPS, Cek Jumlahnya

"Atas kejadian tersebut pihak KPU Sleman sudah memanggil vendor yg disaksikan juga Camat, Lurah dan Jogoboyo di mana vendor telah meng-subkan pengadaan snack tersebut kepada Catering Shinta dan harganya hanya Rp2.500 per orang tidak sesuai dengan sebagaimana yang telah di sepakati antara KPU dan PT Jujur Kinaryo Projo," katanya, Kamis (1/2/2024).

Oleh karena pengadaan snack ini tidak sesuai dengan kesepakatan, pihak KPU Sleman telah memutus kontrak dengan PT Jujur Kinaryo Projo dan pihak KPU Sleman belum membayarkan sepeserpun kepada vendor. Herwatan mengatakan dengan demikian keuangan negara belum ada yang dikeluarkan."Sehingga belum ada indikasi ke arah penyimpangan dalam penggunaan keuangan negara," ujarnya.

Meski pemesanan sudah dilakukan dan uang belum dibayar, ia memastikan tidak ada indikasi kerugian negara. Karena KPU Sleman langsung memutus kontrak dengan alasan barang tidak sesuai spesifikasinya.

BACA JUGA : Viral Soal Link Pengisian Data JKN untuk KPPS, Ini Penjelasan Dinsos dan KPU Bantul

"Namun demikian Kejati DIY akan terus memonitor terhadap penggunaan keuangan negara khususnya penggunaan keuangan negara dalam pengadaan snack acara pelantikan KPPS Sleman," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Sebut Telah Masukkan Program Makan Siang Gratis ke Dalam RKP 2025

News
| Senin, 06 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement