Advertisement

Relawan Garda Matahari Siapkan Saksi Kawal Suara Anies-Cak Imin di TPS DIY

Sunartono
Sabtu, 03 Februari 2024 - 08:47 WIB
Sunartono
Relawan Garda Matahari Siapkan Saksi Kawal Suara Anies-Cak Imin di TPS DIY Relawan Garda Matahari akan menyiapkan ribuan saksi untuk mengawal suara Anies-Cak Imin di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kelompok relawan ini menggelar training of trainer bagi 250 saksi pada Jumat (2/2/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Relawan Garda Matahari akan menyiapkan ribuan saksi untuk mengawal suara Anies-Cak Imin di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kelompok relawan ini menggelar training of trainer bagi 250 saksi pada Jumat (2/2/2024). Para saksi yang diberikan pelatihan ini nantinya akan menjadi koordinator dari ribuan saksi lainnya.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah tokoh Muhammadiyah DIY seperti Azman Latif, Herry Zudianto dan Ketua Tim Pemenangan Daerah Amin Agus Sulistyono. Bendahara Umum Kornas Garda Matahari Yayat Sujatna mengatakan pelatihan saksi Amin tersebut dilakukan di Jogja setelah sebelumnya digelar di kota-kota lainnya.

Advertisement

BACA JUGA : Ditemani Bupati Bantul, Anies Resmikan Posko Timnas AMIN Yogyakarta

"Secara umum saksi akan memastikan bahwa Pemilu 2024 berjalan luber, jurdil sehingga legitimasi kepemimpinan lebih baik lagi. Khususnya mengawal suara pasangan 01 Anies-Cak Imin," katanya.

Para relawan yang akan menjadi saksi di TPA, kata dia, perlu diberikan pembekalan teknis dalam mengamankan dan mendokumentasikan hasil perolehan suara paslon nomor urut 01 Anies-Cak Imin di TPS . Sehingga suara yang masuk bisa terkawal dengan baik. "Pembekalan teknis ini penting diberikan, kemudian yang datang hari ini akan melatih saksi-saksi lainnya di setiap TPS," ujarnya.

Disinggung terkait banyaknya tokoh Muhammadiyah yang hadir dalam pertemuan itu, Yayat mengatakan Muhammadiyah sudah memberikan kriteria calon pemimpin, tetapi pilihan itu diserahkan kepada setiap individu kader. Ia menegaskan secara kelembagaan persyarikatan Muhammadiyah tidak mengarahkan dukungan kepada salah satu paslon, namun secara individual mereka memiliki hak politik.

BACA JUGA : Timnas AMIN Rilis Canvasing Sapa Warga, Program Dimulai dari Jogja

"Pak Azrul [Ketua Kornas Garda Matahari] sudah mengajukan cuti ke PP Muhammadiyah [Ketua Majelis Lingkungan PP] untuk masuk dalam timnas," katanya.

Ketua Garda Matahari DIY Mohammad Saleh Tjan memastikan komitmen seluruh relawannya dalam memenangkan paslon 01, sekaligus membawa misi untuk calon anggota Dewan perwakilan Daerah (DPD) RI wakil dari Muhammadiyah DIY, Ahmad Syauqi Soeratno. Saksi yang akan dikerahkan akan mengawal suara di TPS secara cermat agar prosesnya lebih jujur dan adil.

"Ini bukan semata-mata untuk meraih kemenangan Anies-Cak Imin akan tetapi yang kita perjuangkan adalah perubahan, agar tetap berada pada rel konstitusi,” ujarnya.

Ketua TPD Amin Agus Sulistyono mengajak seluruh relawan untuk merapatkan barisan dalam memenangkan paslon Amin. "Tanda-tanda perubahan sudah tampak, banyak kampus yang mulai berani menyerukan kritik terhadap tatanan yang memang butuh perbaikan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Helikopter Ditumpangi Presiden Iran Jatuh, Rusia Kirim Pesawat Canggih Bantu Pencarian

News
| Senin, 20 Mei 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement