Advertisement

8-11 Februari 2024 Long Weekend, Okupansi Hotel di Bantul Dirtarget 70 Persen

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 04 Februari 2024 - 14:27 WIB
Ujang Hasanudin
8-11 Februari 2024 Long Weekend, Okupansi Hotel di Bantul Dirtarget 70 Persen Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Menghadapi long weekend libur Imlek dan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW Tahun 2024, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bantul menargetkan okupansi atau keterisian kamar hotel mencapai 70 persen. 

Ketua PHRI Bantul, Yohanes Hendra menyampaikan momen long weekend kali ini yang berdekatan dengan penyelenggaraan Pemilu 2024 membuat pihaknya tidak menetapkan target okupansi hotel yang terlalu tinggi. 

Advertisement

“Target [okupansi] kita pasti tinggi, tetapi kita realistis, apalagi ini masa kampanye dan Pemilu, ini sangat berdekatan dengan kampanye akbar pemilih presiden. Target kami tidak muluk-muluk 70 persen sudah cukup,” katanya pada Minggu (4/2/2024). 

Dia menilai penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 akan turut berpengaruh pada tingkat okupansi hotel selama long weekend di Bantul. 

“Karena ini prediksinya [okupansi hotel] mendekati Pemilu, karena kurang 1 minggu dari Pemilu jadi unpredictable,” imbuhnya. 

Dia memperkirakan okupansi sebesar 70 persen tersebut dapat tercapai pada 8-11 Februari 2024. Diketahui, pada tanggal 8 Februari 2024 bertepatan dengan libur nasional Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, sementara tanggal 9-10 Februari 2024 merupakan cuti bersama dan libur nasional Tahun Baru Imlek 2575. 

BACA JUGA: 5 Destinasi Wisata Jogja Cocok untuk Liburan Imlek 2024

Dia menuturkan dalam perayaan Imlek tahun ini, beberapa hotel akan menyelenggarakan perayaan di tempat masing-masing. 

“Kalau perayaan khusus masing-masing manajemen memang membuat sendiri di hotel masing-masing hanya untuk gala dinner dengan konsep Imlek,” paparnya. 

Dia menyampaikan selama libur Imlek biasanya wisatawan yang berkunjung ke Bantul berasal dari sekitar DIY dan Jawa Tengah. Sementara lantaran libur Imlek tahun ini bebarengan juga dengan libur nasional lainnya, maka diperkirakan wisatawan dari Jawa Timur dan Jawa Barat juga berkunjung ke DIY. 

Sementara menurut Yohanes, saat ini okupansi hotel di Bantul pada Januari-awal Februari 2024 hanya mencapai di bawah 50 persen. Dia pun berharap momen long weekend kali ini dapat mengungkit kunjungan wisata dan tingkat hunian hotel di Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Jokowi: Duka Cita Mendalam atas Wafatnya Presiden Iran

News
| Senin, 20 Mei 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement