Advertisement

Ratusan Orang Akan Beribadah di Kelenteng Poncowinatan saat Imlek

Alfi Annisa Karin
Selasa, 06 Februari 2024 - 12:37 WIB
Sunartono
Ratusan Orang Akan Beribadah di Kelenteng Poncowinatan saat Imlek Salah seorang jamaah tengah bersembayang di Klenteng Poncowinatan, Selasa (6/2) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JETIS—Tahun baru Imlek akan jatuh pada 10 Februari mendatang. Persiapan mulai dilakukan di tempat peribadatan, salah satunya di Kelenteng Poncowinatan, Jetis, Kota Jogja.

Di klenteng yang berdiri sejak 1881 ini setidaknya ada 18 altar. Lengkap dengan berbagai peralatan sembayang. Mulai dari lilin, dupa, hingga berbagai rupang patung dewa-dewi. Pengurus Kelenteng Poncowinatan, Margo Mulyo menjelaskan persiapan telah dilakukan sejak tanggal 3 Februari lalu.

Advertisement

"Selain itu juga dicat ulang dan lampion yang sudah harus diganti, diganti dengan yang baru," ujar Margo saat ditemui di Kelenteng Poncowinatan, Selasa (6/2/2024).

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata Jogja Cocok untuk Liburan Imlek 2024

Dia menuturkan, tak ada event khusus pada tahun baru Imlek kali ini di Kelenteng Poncowinatan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ibadah juga dilakukan masing-masing jamaah. Tak ada prosesi doa bersama lantaran dia ingin menjaga kondusivitas di tengah masa kampanye. Margo memperkirakan nantinya akan ada ratusan orang yang beribadah di Klenteng Poncowinatan.

"Kalau berapa jamaahnya tidak bisa dihitung, tapi kurang lebih 100-an. Kami tidak mengadakan doa bersama, jadi doa masing-masing. Klenteng dibuka 24 jam untuk tanggal 9 Februari malam sampai tanggal 10," jelasnya.

Margo mengatakan berbagai peralatan ibadah punya filosofinya masing-masing. Misalnya, lilin besar yang menjadi simbol penerangan. Diharapkan bisa menyinari kehidupan jamaah selama setahun ke depan, sekaligus pengharapan atas rezeki dan kesehatan. Selain itu, ada juga hio atau dupa.

"Dupa menjadi sarana untuk doa. Jadi kalau pakai dupa doanya terbawa asap sampai ke atas. Itu kendaraan untuk membawa doa biar cepat sampai," ungkapnya.

BACA JUGA : Pesan Imlek Kelenteng Jogja: Jaga Kerukunan dan Kebersamaan Umat Manusia

Salah satu jamaah Kelenteng Poncowinatan, Hendri mengaku telah melakukan sejumlah persiapan. Perantau asal Dumai ini telah meluangkan waktu untuk membersihkan rumah sejak sepekan terakhir. Dia juga menyiapkan berbagai kue dan makanan ringan. Nantinya, dia akan kembali ke kampung halaman untuk kumpul bersama keluarga sehari sebelum perayaan Imlek tiba.

"Doa untuk tahun baru Imlek kali ini semoga diberi kesehatan dan kelancaran rezeki," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement