Advertisement

Mulai Bulan Ini Tarif Masuk Glagah, Congot, hingga Kiskendo dan Suroloyo Naik

Newswire
Kamis, 08 Februari 2024 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Mulai Bulan Ini Tarif Masuk Glagah, Congot, hingga Kiskendo dan Suroloyo Naik Ilustrasi laguna Pantai Glagah Kulonprogo. - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo melakukan penyesuaian tarif retribusi objek wisata Pantai Glagah dan Congot dari Rp6.000 menjadi Rp10.000 per orang mulai 1 Februari 2024. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo, Joko Mursito mengatakan kenaikan retribusi ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kulonprogo No. 6/2023. "Kenaikannya sudah berpayung hukum, lewat perda dan peraturan bupati [Perbup]," kata Joko, Kamis (8/2/2024).

Advertisement

Dia mengatakan kenaikan retribusi wisata tidak hanya berlaku di Pantai Glagah dan Congot, tetapi seluruh objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Kulonprogo melalui Dispar, yakni Pantai Trisik, Waduk Sermo, Gua Kiskendo, hingga Puncak Suroloyo. "Tarifnya naik dari Rp3.000 menjadi Rp6.000 per orang," katanya.

Joko menilai kenaikan tarif retribusi wisata, nominalnya masih wajar. Jika dibandingkan dengan daerah lain di DIY besaran retribusi yang diberlakukan di Kulonprogo masih terjangkau. "Kami sudah berdiskusi dengan pelaku wisata hingga asosiasi wisata terkait tarif baru ini," katanya.

Joko memastikan pihaknya juga sudah menyosialisasikan sebelum tarif baru resmi itu diberlakukan. Sosialisasi dilakukan lewat berbagai media, seperti spanduk pemberitahuan hingga media sosial.

BACA JUGA: Mulai 1 Januari 2024, Tarif Baru Retribusi Objek Wisata di Gunungkidul Resmi Berlaku

Dia pun melihat kenaikan tarif retribusi wisata sebagai hal yang positif untuk peningkatan PAD.
Pada 2024, Dispar menargetkan PAD dari sektor wisata sebesar Rp8,6 miliar. "Kami berharap kenaikan tarif ini tidak menyurutkan minat wisatawan untuk mengunjungi Kulonprogo," kata Joko.

Penjabat (Pj) Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti menambahkan kenaikan tarif retribusi wisata sudah melewati proses evaluasi dan diskusi panjang. Kenaikannya juga menyesuaikan kondisi ekonomi saat ini. "Target ini juga harus jadi pemicu bagi kami untuk terus berbenah agar pelayanan wisata bisa lebih baik," kata Made.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement