Advertisement

Rayakan Imlek 2024, PT KAI Gelar Pertunjukan Barongsai di Stasiun Tugu

Alfi Annisa Karin
Sabtu, 10 Februari 2024 - 16:07 WIB
Maya Herawati
Rayakan Imlek 2024, PT KAI Gelar Pertunjukan Barongsai di Stasiun Tugu PT KAI Daop 6 menggelar atraksi barongsai di Stasiun Yogyakarta, Sabtu (10/2) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Kereta Api Daerah Operasional (KAI DAOP) 6 Yogyakarta turut memeriahkan perayaan tahun baru Imlek, Sabtu (10/2). Diwujudkan dalam gelaran pertunjukkan barongsai di Ruang Tunggu Zona 2 Stasiun Tugu Jogja.

Dua barongsai tampak tampil menghibur sekaligus menyapa para penumpang. Selain itu, ada juga 50 paket angpao yang dibagikan kepada penumpang yang tengah menunggu keberangkatan kereta. Pernak-pernik khas Imlek pun tampak terpajang di beberapa sisi Stasiun Yogyakarta. Manajer Humas PT KAI Daop 6 Krisbiyantoro menjelaskan atraksi barongsai ini merupakan simbol apresiasinya kepada masyarakat yang tengah merayakan Imlek.

Advertisement

"Selain itu, ini juga menjadi apresiasi kami kepada planggan kereta api selama merayakan liburan panjang ini," ujar Krisbiyantoro, Sabtu (10/2/2024).

Dia mengatakan, atraksi ini turut menggandeng kelompok barongsai Putra Mataram. Atraksi barongsai menjadi pertunjukkan rutin yang disuguhkan KAI Daop 6 saat perayaan Imlek tiba.

"Kami berharap masyarakat lebih percaya dan antusias menggunakan kendaraan kereta api dan kami terus berbenah untuk melayani masyarakat sebaik mungkin," katanya.

BACA JUGA: Tahun Baru Imlek 2024, Presiden Jokowi: Mari Bersama-sama Merayakan Keberagaman Budaya

Sementara, Krisbiyantoro mengatakan pada libur panjang akhir pekan kali ini terjadi peningkatan penumpang. Bahkan tercatat mencapai 70 persen. Per pagi ini saja, setidaknya ada 24.191 penumpang yang naik di wilayah Daop 6. Sebanyak 11.417 di Stasiun Tugu Jogja dan 7.094 di Stasiun Lempuyangan. Dia memperkirakan, puncak kepadatan akan terjadi Minggu (11/2/2024).

"Kami perkirakan nanti puncak arus balik liburan terjadi pada Minggu 11 Februari. Pada pagi ini tercatat angka penumpang yang naik dari Daop 6 pada 11 Februari ada sebanyak 25.474," katanya.

Salah satu penumpang, Marcelina mengaku terkesan dengan penampilan barongsai kali ini. Dia bahkan sempat memberikan angpao bagi para pemain barongsai. Pertunjukkan ini menjadi hiburan tersendiri baginya. Lantaran biasanya, dia hanya bisa menikmati pertunjukkan barongsai di pusat-pusat perbelanjaan. "Terhibur sih dan enggak nyangka akan ada pertunjukkan barongsai," ungkap warga Jakarta ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement