Advertisement

Dipenuhi Ornamen Merah Putih, Begini Suasana TPS Tempat Mahfud Md Nyoblos

Catur Dwi Janati
Selasa, 13 Februari 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Dipenuhi Ornamen Merah Putih, Begini Suasana TPS Tempat Mahfud Md Nyoblos Suasana TPS 106 Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Depok, tempat Mahfud Md mencoblos. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—TPS 106 Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Depok menjadi lokasi calon wakil presiden nomor urut 03, Mahfud MD untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 ini. Terletak hanya beberapa ratus meter dari kediaman Mahfud, TPS 106 dipenuhi beragam ornamen bernuansa merah putih.

Nuansa merah putih begitu kentara di TPS 106. Lokasi yang sehari-hari digunakan sebagai Balai RT 01/RW 53 Sambilegi Lor disulap jadi TPS yang meriah. 

Advertisement

Hampir seluruh struktur bangunan balai tertutupi kain merah putih. Mulai dari kursi yang berwarna putih, tiang bangunan yang ditutupi kain berwarna merah, hingga meja yang diberi taplak merah dengan rok meja putih. 

Langit-langit TPS pun dikover dengan plafon kain filamin warna merah dan putih. Bahkan rumbai-rumbai di bagian atas bangunan pun mengusung corak merah putih. 

Ketua KPPS TPS 106 Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Depok, Bungkus Dias Prasetyo menjelaskan tema merah putih memang diusung TPS 106. Hal itu pula yang membuat nuansa merah putih begitu semarak di seluruh TPS 106. "Untuk tema yang diambil adalah tema Merah Putih," terang Bungkus, Selasa (13/2/2024).

Secara umum TPS 106 terdiri dari dua bangunan. Pertama bangunan utama yang terletak di Balai RT. Sedangkan bangunan tambahan berupa tenda dibangun di pelataran balai. Tenda yang dibangun pun mengusung tema merah putih yang senada dengan bangunan balai. 

Selain merah putih, nantinya akan terselip pula corak batik di TPS 106. Pasalnya para petugas yang bertugas di TPS 106 akan memakai pakaian batik di tengah nuansa merah putih yang ada pada TPS.  "Untuk petugas mengenakan seragam batik lengan panjang," ungkapnya. 

BACA JUGA: Jelang Pemilu, Pencetakan KTP Elektronik di Jogja Membeludak

Penggunaan pakaian itu akan terasa matching dengan backdrop atau latar TPS yang bergambar bangunan joglo yang asri dikelilingi pepohonan. 

Berbagai persiapan terus dilakukan TPS 106. Melayani 274 Daftar Pemilih Tetap (DPT) termasuk cawapres nomor turut tiga Mahfud MD, informasi pencoblosan telah disampaikan kepada para DPT.  "Seperti persiapan pada TPS lainnya, KPPS telah mengirimkan pemberitahuan ke para DPT. Kemudian mempersiapkan TPS sesuai dengan arahan dari PPS," tegasnya. 

Warga yang masuk dalam DPT maupun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dijadwalkan akan mulai melakukan pencoblosan sejak pukul 07.00 WIB. "Untuk jumlah DPTb saat ini baru dikonfirmasi ke petugas PPS. Pencoblosan akan dimulai pukul 07.00 WIB," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bisnis Data Center NeutraDC Hadir Sebagai Penyedia AI Enabler di Indonesia Cloud & Datacenter Convention 2024

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement