Advertisement

Milad Ke-17 Bank BPD DIY Syariah Menjadi Lebih Baik

Media Digital
Minggu, 18 Februari 2024 - 10:27 WIB
Ujang Hasanudin
Milad Ke-17 Bank BPD DIY Syariah Menjadi Lebih Baik Mahasiswa STIE Widya Wiwaha mengikuti Literasi digital dan pembiayaan KUR di Bank BPD DIY Syariah. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Tanggal 19 Februari 2024 ini Bank BPD DIY Syariah menapaki usianya yang ke-17. Di tengah-tengah ketatnya tingkat persaingan pada industri jasa perbankan khususnya bank syariah, terbitnya UU nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) sebagai upaya pemerintah untuk memajukan kesejahteraan umum melalui reformasi sektor keuangan Indonesia dan munculnya POJK Nomor 12 Tahun 2023 tentang Unit Usaha Syariah (UUS), Bank BPD DIY Syariah tahun 2023 tumbuh dan mencatatkan prestasi kinerja keuangan yang bagus.

Di antara kinerja keuangan ditunjukkan dengan pencapaian aset Rp2.000 Miliar, penghimpunan dana pihak ketiga sebesar Rp896 Miliar dan penyaluran pembiayaan mencapai Rp966 Miliar. Angka rasio pembiayaan bermasalah atau NPF berhasil ditekan hingga 1,26%. Demikian pula laba dapat dibukukan mencapai kurang lebih Rp 81,5 Miliar. Hingga kini, Bank BPD DIY Syariah memiliki jaringan layanan berupa 1 Kantor Cabang Syariah, 8 Cabang pembantu Syariah, 2 Kantor Fungsional dan 45 Kantor Layanan Syariah tersebar di seluruh kota/kabupaten di DIY.

Advertisement

Atas kinerja tersebut Bank BPD DIY Syariah mendapatkan apresiasi dari pihak eksternal, antara lain Biro Riset Infobank memberikan penghargaan Infobank Award atas kinerja 2022 dengan predikat “Excellent Financial Performance Islamic Banking Unit of Comercial Banking in 2022” sebagai Bank Syariah dengan Kinerja Sangat Baik selama 5 (lima) tahun berturut-turut.Kesuksesan ini tentunya tidak terlepas dari penyediaan produk & jasa perbankan yang lengkap dan juga layanan digitalisasi transaksi perbankan yang cepat, aman dan handal.

“Kuncinya agar nasabah BPD DIY Syariah semakin nyaman bertransaksi, sehingga pengembangan teknologi informasi terus kami sempurnakan, kami dorong dan percepat,” demikian disampaikan oleh Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad.

Jajaran manajemen Bank BPD DIY pada kesempatan Milad Ke-17 ini mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para stakeholder, para nasabah atas kepercayaannya menggunakan produk dan bertransaksi di Bank BPD DIY Syariah.

BACA JUGA: Penyaluran KUR Syariah BPD DIY Capai Rp21,5 Miliar

Sebagai target yang dicanangkan pada Milad yang ke-17 saat ini, Bank BPD DIY Syariah memberikan layananan kemudahan kepada masyarakat khususnya untuk para siswa dengan membuka Tabungan Shafa Haji Muda. Kerjasama dijalin dengan jaringan sekolah-sekolah milik persyarikatan, perkumpulan dan sekolah terpadu dari tingkat dasar hingga menengah.

Tabungan ini sangat mudah dijangkau para siswa dalam mempersiapkan untuk wisata religi umrah ke tanah suci bersama orang tua atau untuk mendapatkan porsi haji. Demikian pula disisi yang lain ditingkatkan penyaluran KUR Syariah, KPR Syariah dan Pembiayaan Kepemilikan Emas dengan syarat yang mudah. Tahun 2024 Bank BPD DIY Syariah dipercaya oleh Pemerintah untuk menyalurkan KUR Syariah dengan quota lebih dari Rp 200 milyar.

Tantangan yang dihadapi bank ini akan semakin komplek sehingga perlu inovasi-inovasi produk dan layanan yang terus diperbaharui. Penambahan jalur transaksi delivery channel melalui fintech terus dilakukan dan saat ini produk link wakaf deposito (CWLD) sedang disiapkan dalam rangka menjembatani kebutuhan masyarakat yang akan menunaikan wakaf secara tunai dan masyarakat yang memerlukan dukungan dana.

Jalinan kerjasama dengan mitra kerja selalu ditingkatkan diantaranya dengan berbagai lembaga pendidikan, rumah sakit dan sektor swasta lainnya. Kerjasama tersebut dilakukan baik dalam pengelolaan dana, pembiayaan maupun kerjasama lainnya, hal ini untuk meningkatkan market share di wilayah DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Korban Tewas Akibat Baniir dan Longsor di Kabupaten Luwu Jadi 14 Orang

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement