Advertisement

Harga Beras Medium di Kota Jogja Tembus Rp16.000 per Kg

Alfi Annisa Karin
Minggu, 18 Februari 2024 - 17:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Harga Beras Medium di Kota Jogja Tembus Rp16.000 per Kg Pedagang sembako di Pasar Kranggan menyebut harga beras medium dan premium baik sejak sebulan terakhir - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JETIS—Harga komoditas beras mengalami kenaikan signifikan di Kota Jogja. Kondisi ini terjadi beberapa pekan terakhir. Saat ini harga beras di Jogja menyentuh Rp18.000 per kg.

Salah satu pedagang sembako di Pasar Kranggan Siti Muniroh mengatakan kenaikan harga merata terjadi pada beras jenis medium maupun premium. Kondisi ini terjadi sejak sebulan terakhir.

Advertisement

BACA JUGA: Disperindag Sebut Stok Beras di DIY Banyak

"Naiknya sedikit-sedikit. Nanti per dua hari selalu ada harga baru, naiknya Rp 200, Rp 200. Sampai sekarang ini harga paling tinggi. Sudah megap-megap yang beli," kata Siti saat ditemui di Pasar Kranggan, Minggu (19/2).

Dia mengatakan, saat ini beras medium dibanderol dengan harga Rp15.500 hingga Rp16.000 per kilogram. Padahal, sekitar sebulan lalu masih dibanderol dengan harga Rp10.500 per kilogram. Sementara, untuk beras premium saat ini dibanderol dengan harga Rp17.500 per kilogram hingga Rp18.000 per kilogram. Sedangkan sebulan lalu masih dibanderol dengan harga Rp12.000 per kilogram.

"Yang paling dicari yang murah, bagus, enak. Barangnya ready terus. Seperti merek C4 Raja, C4 AS, C4 Sragen 1, itu banyak ready. Walaupun mahal, tapi beras ready soalnya kita jualnya tiap hari," imbuhnya.

Di sisi lain, ada beberapa jenis beras yang justru mengalami kelangkaan. Di antaranya, beras Bulog SPHP dan beras premium merek Sovia. Kedua jenis beras itu langka sejak sebulan terakhir. Siti menyebut meski langka dan harga naik, tapi tak mengurangi daya beli masyarakat.

"Kalau distributor diutamakan yang pedagang tiap hari. Justru kalau langka larinya ke kita. Kebanyakan dari rumah makan," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Lowotobi Laki-laki Erupsi Dua Kali, Warga Diminta Waspada Lahar Hujan

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement