Advertisement

Cara ke Malioboro dari Bandara YIA dari Naik Motor hingga Kereta

Mediani Dyah Natalia
Senin, 19 Februari 2024 - 21:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Cara ke Malioboro dari Bandara YIA dari Naik Motor hingga Kereta KA Bandara YIA Xpress menawarkan waktu tempuh lebih cepat yaitu hanya 35 menit menuju dan dari Bandara YIA Yogyakarta ke Stasiun Tugu Yogyakarta (ANTARA - HO/Humas Railink)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Per 29 Maret 2020, Yogyakarta International Airport (YIA) sudah beroperasi penuh. Artinya, penerbangan dari Jogja kini dipusatkan dari Kulonprogo, sedangkan Bandara Adisutjipto diprioritaskan untuk pesawat kargo dan nonkomersial. Meski tiga kali lipat lebih jauh, angkutan menuju Bandara Kulonprogo sangat bervariasi. Anda dapat memilih sesuai dengan bujet, waktu dan kesenangan. Berikut cara dari Malioboro ke Bandara YIA.

Jarak antara Bandar Udara Adisutjipto ke Malioboro sekitar 9 km dan waktu tempuh 20-30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Sementara jarak tempuh Malioboro ke YIA sekitar 43,3 km dan daya tempuh 60 menit-90 menit, tergantung tingkat kepadatan jalanan. Lalu apa saja moda transportasi yang dapat Anda pilih?

Advertisement

Motor

Pilihan pertama hanya cocok bagi Anda yang punya banyak waktu, tak membawa banyak barang dan suka berpetualang. Tenang, jalannya sudah cukup mulus. Hanya, jangan lupa memakai baju lengan panjang atau jaket. Panas di Jogja mudah membakar kulit, jadi pastikan kesehatan kulit Anda terjaga. Satu lagi, pastikan memakai masker lantaran banyak bus dan truk yang lalu lalang sehingga polusi udara sangat tinggi.

Seluruh ojek online memiliki layanan ini. Namun karena jaraknya jauh, jangan mencarinya di menu ride tetapi masuk saja di menu mobil/car. Adapun tarifnya mulai dari Rp105.000, tergantung jam berapa Anda berangkat.

Damri

Damri juga menyediakan layanan dari dan ke Bandara YIA. Anda dapat memilih titik jemput dari dan ke Bandara YIA. Rute-rute yang selama ini dilayani antara lain ke pusat kota Jogja, Sleman, dan terbaru, ke Imogiri, Bantul. Kapasitas kendaraan ini adalah 14 orang.

Sayangnya belum seluruh titik jemput beroperasi satu jam sekali, karena itu pastikan jadwal penerbangan Anda tidak terlalu dekat dengan titik keberangkatan Anda. Harga tiket juga beragam, tergantung dari titik keberangkatan dan hari yang Anda pilih. Lebih jelasnya Anda dapat menyimak informasi tersebut melalui Jadwal dan Titik Keberangkatan Bus Damri Bandara YIA 6 Februari 2024.

SatelQu

Serupa dengan Damri, SatelQu juga melayani rute Kota Jogja ke Bandara YIA dan sebaliknya. Titik jemput dan antar SatelQu sebagian besar ada di hotel. Jadi jika Anda tinggal di hotel, maka moda ini lebih praktis. Pastikan juga jadwalnya tidak terlalu mepet dengan waktu boarding. Mengenai harga, tarifnya mulai dari Rp71.250. Anda dapat memesan angkutan ini melalui web SatelQu.

Taksi

Kelemahan shuttle adalah jam yang tak fleksibel. Bagi Anda yang ingin sat set maka layanan taksi Grab, Gojek, Maxim maupun Bluebird dapat menjadi alternatif. Tarif naik taksi berbeda-beda tergantung jam keberangkatan dari titik jemput, yakni mulai dari Rp204.000.

Baca Juga

Selama 2023, Bandara YIA Kulonprogo Digunakan oleh 4,3 Juta Wisatawan

Libur Natal dan Tahun Baru, Jumlah Penumpang di Bandara YIA Kulonprogo Terus Meningkat

Bandara YIA Direncanakan Menerapkan Teknologi Pengenalan Wajah

Rental kendaraan

Opsi ini paling pas bagi Anda yang membawa barang, bepergian dengan beberapa orang dan ingin mampir ke sejumlah oleh-oleh. Harganya bervariasi, tergantung Anda bepergian saat weekend atau hari libur atau saat weekdays hingga jenis kendaraan. Namun harga yang dibanderol mulai dari Rp350.000. Tarif ini sudah lengkap dengan driver dan BBM serta menyesuaikan waktu Anda.

Kereta Bandara

Kereta bandara YIA menghubungkan Stasiun Tugu atau Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Bandara YIA, Kulonprogo, dan sebaliknya. Perjalanan menggunakan kereta bandara YIA ditempuh sekitar 39 menit.

Layanan kereta bandara YIA terbagi menjadi kereta bandara YIA Xpress dan reguler. Harga tiket kereta bandara YIA Xpress untuk relasi Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Bandara YIA, dan sebaliknya adalah Rp50.000 per orang. Sementara, harga tiket kereta bandara YIA reguler mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per orang bergantung rutenya. Untuk pembelian tiket kereta bandara kini cukup mudah dan bisa dibeli secara daring yakni KA Bandara, Website Railink, dan KAI Acces. Lengkapnya simak informasi ini Jadwal Lengkap Kereta Bandara YIA Senin 19 Februari 2024, Tiket Rp20 Ribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sandiaga Angkat Bicara Terkait Syuting Film Artis Korea di Bali yang Terkendala Imigrasi

News
| Sabtu, 27 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement